No image available for this title

Text

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Preeklampsia Pada Ibu Hamil di RS Bhayangkara Padang Tahun 2017



Sandra Aulia Agustina
Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Preeklampsia Pada Ibu Hamil di RS Bhayangkara Padang Tahun 2017
xiv+ 70 halaman + 8 tabel + 2 gambar + 9 lampiran
ABSTRAK
Preeklampsia menempati urutan kedua sebagai penyebab kematian ibu di Indonesia (27,1 %) dan penyebab kematian ibu terbesar kedua (12%) di Sumatera Barat tahun 2015 serta menempati urutan pertama penyebab kematian ibu (25%) pada tahun 2016 di kota Padang. Berdasarkan data awal dari Rekam Medis RS Bhayangkara Padang, kejadian preeklampsia di RS Bhayangkara Padang menunjukkan peningkatan setiap tahunnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan umur, paritas dan riwayat hipertensi dengan kejadian preeklampsia di RS Bhayangkara Padang tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan disain survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan di Rekam Medis RS Bhayangkara Padang pada bulan Januari 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden.Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Analisis data terdiri dari univariat dan bivariat dengan uji chi-square secara komputerisasi.

Hasil uji statistik menunjukkan 32 orang (40,5%) ibu hamil dengan preeklampsia di RS Bhayangkara Padang, 22 orang (28%) ibu hamil pada umur berisiko, 39 orang (49%) ibu hamil pada paritas berisiko dan 8 orang (11%) ibu hamil memiliki riwayat hipertensi. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan umur dengan kejadian preeklampsia (p=0,004) , dan ada hubungan riwayat hipertensi dengan kejadian preeklampsia (p=0,013), dan tidak ada hubungan paritas dengan kejadian preeklampsia (p=0,747).
Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara umur, riwayat hipertensi dengan kejadian preeklampsia dan tidak ada hubungan antara paritas dengan kejadian preeklampsia. Diharapkan pihak layanan kesehatan dapat meningkatkan strategi dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada ibu hamil agar komplikasi kehamilan seperti preeklampsia dapat diketahui sejak awal dan dapat ditanggulangi secara efektif.
Kata kunci : Umur, Paritas, Riwayat Hipertensi, Preeklampsia
DaftarPustaka: 40 (2007-2017)


Ketersediaan

SKRIPSIKB.1852052 San FSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
052 San F
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 89 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this