No image available for this title

Text

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penyembuhan Luka Pda Ibu Post SC Di Ruang Kebidanan RSUD Solok Selatan Tahun 2017



Silfi Oktafia Utami
Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penyembuhan Luka pda Ibu Post SC di Ruang Kebidanan RSUD Solok Selatan Tahun 2017
xiii + 69 halaman + 9 tabel + 2 gambar + 9 lampiran

ABSTRAK
Tindakan SC disertai kejadian infeksi luka post SC mengalami peningkatan di Indonesia, sekitar 90% dari morbiditas post operasi. RSUD Solok Selatan angka infeksi post SC mengalami peningkatan, tahun 2015 sebesar 4,7%, menjadi 7,4% pada tahun 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka diantaranya mobilisasi dini, status gizi, dan personal hygiene. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penyembuhan luka pada ibu post SC di ruang kebidanan RSUD Solok Selatan tahun 2017.

Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan di ruang kebidanan RSUD Solok Selatan, tanggal 12 Mei–14 Juni 2017. Populasinya semua ibu post SC Januari-Maret 2017 sebanyak 55 orang. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling, dengan jumlah 30 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar obsevasi pada variabel mobilisasi dini, personal hygiene dan penyembuhan luka, pengukuran berat badan dan tinggi badan pada variabel status gizi. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square menggunakan komputerisasi.

Hasil penelitian didapatkan 66,7% responden melakukan mobilisasi dini, 56,7% responden mempunyai status gizi normal, 80% responden melakukan personal hygiene dan 80% responden mengalami penyembuhan luka yang cepat. Hasil analisis bivariat terdapat hubungan mobilisasi dini dengan penyembuhan luka post SC (p=0,000), terdapat hubungan status gizi dengan penyembuhan luka post SC (p=0,003), terdapat hubungan personal hygiene dengan penyembuhan luka post SC (p=0,007).

Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat hubungan mobilisasi dini dengan penyembuhan luka post SC, terdapat hubungan status gizi dengan penyembuhan luka post SC, terdapat hubungan personal hygiene dengan penyembuhan luka post SC. Meningkatkan sarana dan prasana rumah sakit agar dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi pasien yang berada di ruang kebidanan.

Kata kunci : “penyembuhan luka, mobilisasi dini, status gizi, personal hygiene
Daftar Pustaka : 27 (2001-2016)


Ketersediaan

SKRIPSIKB.17102102 Sil FKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
102 Sil F
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 89 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this