No image available for this title

Text

Hubungan Faktor Personal Hygiene dan Risiko Pencemaran Sumber Air dengan Kejadian Skabies di Wilayah Kerja Puskesmas Air Dingin Kota Padang Tahun 2017



Eldika Zulmayanti
Hubungan Faktor Personal Hygiene dan Risiko Pencemaran Sumber Air dengan Kejadian Skabies di Wilayah Kerja Puskesmas Air Dingin Kota Padang Tahun 2017

Vii + 54 halaman, 15 tabel, 2 gambar, 8 lampiran

ABSTRAK
Skabies adalah penyakit zoonosis yang menyerang kulit, mudah menular dari manusia ke manusia, dari hewan ke manusia atau sebaliknya, dapat mengenai semua ras dan golongan di seluruh dunia yang disebabkan oleh tungau (kutu atau mite) Sarcoptes scabiei. Data laporan bulanan September hingga Desember 2016 tercatat sebanyak 33 kasus skabies yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Hubungan Personal Hygiene Dan Risiko Pencemaran Sumber Air Dengan Kejadian Skabies Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Dingin Kota Padang Tahun 2017.

Jenis penelitian ini bersifat observasionaldengan menggunakan pendekatan case control. Sampel didapatkan sebanyak 66 orang ( sampel kasus 33 orang dan sampel kontrol 33 orang ). Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji Chi Square.

Berdasarkan hasil uji statistik, menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebersihan pakaian ( p = 0,001 ), kebersihan handuk ( p= 0,047 ), dan kebersihan tempat tidur ( p = 0,034 ) dengan kejadian skabies, dan untuk pencemaran sumber air ( p = 0,805 ) tidak ada hubungan yang signifikan dengan kejadian skabies di wilayah kerja puskesmas Air Dingin Kota Padang Tahun 2017.

Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi pihak Puskesmas Air Dingin untuk dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang penyakit skabies melalui penyuluhan kepada masyarakat, penderita maupun keluarga lainnya, dan bagi masyarakat agar dapat meningkatkan kebersihan diri terutama untuk mengganti baju, tidak memakai handuk secara bersamaan serta menjemur kasur dan sprei dibawah terik matahari.

Kata Kunci : Skabies, faktor personal hygiene, dan pencemaran sumber air
Daftar Bacaan : 20 ( 2000 – 2016 )


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1731031 Eld HSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
031 Eld H
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 54 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this