No image available for this title

Text

Perbedaan Perilaku Seksual berdasarkan Pengetahuan dan Sikap Remajapada SMKN yang Memiliki dan Tidak Memiliki PIK-R/M di Kota Padang Tahun 2016



Yovi Rintamara

Perbedaan Perilaku Seksual berdasarkan Pengetahuan dan Sikap Remajapada SMKN yang Memiliki dan Tidak Memiliki PIK-R/M di Kota Padang Tahun 2016

Xiii + 88 halaman, 7 tabel, 3 gambar, 10 lampiran

ABSTRAK

Angka kejadian perilaku seksual remaja Indonesia adalah 29,5% remaja laki-laki dan 6,2% remaja perempuan pernah meraba atau merangsang pasangannya, 48,1% remaja laki-laki dan 29,3% remaja perempuan pernah berciuman bibir, serta 79,6% remaja laki-laki dan 71,6% remaja perempuan pernah berpegangan tangan dengan pasangannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku seksual berdasarkan pengetahuan dan sikap remaja pada SMKN yang memiliki dan tidak memiliki PIK-R/M.
Metode penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 16-17 Januari 2017. Populasi dari penelitian ini adalah siswa-siswi dari SMKN 4 dan SMKN 8 Padang dengan jumlah 2406 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 92 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku seksual. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan sistem komputerisasidengan α = 0,05.
Hasil penelitian didapatkan2,2% dan 4,3%responden dari SMKN yang diteliti berpengetahuan kurang baik, 41,3% dan 39,1% responden dari SMKN yang diteliti memiliki sikap negatif, dan 30,4% dan45,7% responden dari SMKN yang diteliti berperilaku seksual berisiko. Hasil analisis bivariat tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan,sikap dan perilaku seksual pada SMKN yang memiliki PIK-R/M dan tidak memiliki PIK-R/M (p = 0,917, p=0,943, dan p=0,763)
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan pengetahuan, sikap, perilaku seksual dan perilaku seksual berdasarkan pengetahuan danterdapat perbedaan perilaku seksual berdasarkan sikap pada SMKN yang memiliki dan tidak memiliki PIK-R/M. Diharapkansiswakedua SMKN dapat lebih meningkatkan pengetahuan,sikap dan menghindari perilaku seksual berisikodan bagi pihak sekolah agar dapat meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi.


Kata Kunci : “Perilaku Seksual, Pengetahuan, Sikap Remaja”
Daftar Pustaka : 30 (2007-2016)


Ketersediaan

SKRIPSIKB.1767067 Yov PSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
067 Yov P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 88 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this