No image available for this title

Text

Hubungan Peran Teman Sebaya dan Keterpapaaran Media Massa dengan Perilaku Seksual Remaja di Desa Pauh Kota Pariaman Tahun 2017



Anita Wulan Oktarina

Hubungan Peran Teman Sebaya dan Keterpapaaran Media Massa dengan Perilaku Seksual Remaja di Desa Pauh Kota Pariaman Tahun 2017

xiv + 68halaman + 7 tabel + 3 gambar + 12 lampiran

ABSTRAK

Data dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional menunjukkan bahwa 46% remaja sudah berhubungan seksual. Penelitian yang dilakukan di Sumatera Barat tahun 2013 oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia juga menyatakan 10,5% remaja Kota Padang berperilaku seksualaktif. Selain itu, hasil wawancara dengan bidan desa di desaPauh Kota Pariaman terdapat 3 orang remaja yang memeriksakan kehamilannya dengan kasus hamil diluar nikah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran teman sebaya dan keterpaparan media massa dengan perilaku seksual remaja di Desapauh kota Pariaman tahun 2017.
Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional,dilaksanakan dari tanggal 01 Agustus 2016 – 07 April 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja usia 12-24 tahun di Desa Pauh Kota Pariaman tahun 2017 yaitu 192 orang. Sampel berjumlah 43 orang yang diambil secara random dengan metode cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan program komputerisasi.
Hasil analisis univariat diperoleh 48,8% remaja berperilaku seksual berisiko, 55,8% remaja menyatakan adanya peran dari teman sebaya, 53,5% remaja terpapar dengan media massa. Hasil analisis bivaria tterdapat hubungan peran teman sebaya dengan perilaku seksual remaja (ρ=0,003) dan terdapat hubungan keterpaparan media massa dengan perilaku seksual remaja (ρ=0,009).
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan peran teman sebaya dan keterpaparan media massa dengan perilaku seksual remaja di Desa Pauh Kota Pariaman. Diharapkan kepada instansi terkait dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam mengatasi perilaku seksual pada remaja yang menyangkut kesehatan reproduksi dengan memberikan konseling, salah satunya dengan program wirid remaja,serta mensensorsitus-situs porno diinternet.

Kata Kunci:Peran teman sebaya, keterpaparan media massa, perilaku seksual
Daftar Pustaka: 28 (2003-2016)


Ketersediaan

SKRIPSIKB.1768068 Ani HSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
068 Ani H
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this