No image available for this title

Text

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja Di SMA N 4 Solok Selatan Tahun 2017



Cici Wulan Handayani

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja Di SMA N 4 Solok Selatan Tahun 2017

xi+ 75 Halaman, 8 tabel, 2 gambar, 11 lampiran


ABSTRAK

Di Indonesia angka kelahiran remaja masih cukup tinggi yaitu 48 per 1000 kelahiran hidup. Di Sumatera Barat mencatat 6.083 pasangan remaja menikah pada usia dini, Kabupaten Solok Selatan persentase perkawinan remaja perempuan adalah 29%. Berdasarkan survey di SMA N 4 Solok Selatan, 1 orang siswa TA 2016 dikeluarkan karena melakukan perilaku seksual berisiko. Perilaku seksual merupakan segala bentuk perilaku yang muncul akibat dorongan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual pada remaja.
Penelitian ini bersifat survey analitik dengan pendekatan cross sectional, populasi siswa SMA N 4 Solok Selatan. Sampel diambil dengan cara proportionate stratified random sampling. Pengumpulan menggunakan instrumen kuesioner dimulai tanggal 15-17 Mei 2017. Analisa data menggunakan uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% (p=0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 63,3% berpengetahuan baik tentang perilaku seksual, 58,2% bersikap negatif terhadap perilaku seksual, 91,1% mempunyai peran orang tua yang baik dan 31,6% melakukan perilaku seksual berisiko. Terdapat hubungan pengetahuan dengan perilaku seksual nilai ρ = 0,008, dan juga terdapat hubungan sikap dengan perilaku seksual remaja ρ = 0,000 serta tidak terdapat hubungan peran orang tua dengan perilaku seksual ρ = 0,389.
Dari hasil penelitian disimpulkan terdapat hubungan pengetahuan dan sikap tentang perilaku seksual dengan perilaku seksual dan tidak terdapat hubungan peran orang tua dengan perilaku seksual pada remaja di SMA N 4 Solok Selatan Tahun 2017. Harapan peneliti agar sekolah memberikan informasi tentang dampak perilaku seksual dan penyakit menular seksual, dan juga cara untuk mengalihkan dorongan seksual, serta sekolah dapat membentuk PIK remaja.
Kata Kunci :”Pengetahuan,Sikap,Peran Orang Tua,Perilaku Seksual,Remaja,”
Daftar Pustaka : 27 (2000-2016)


Ketersediaan

SKRIPSIKB.1749049 Cic FSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
049 Cic F
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 75 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this