No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Stroke Hemoragik Di Bangsal Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017



Putri Geofani

“Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Stroke Hemoragik Di Bangsal Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017”

Isi : xi + 71 halaman + 12 lampiran

ABSTRAK

Stroke merupakan penyebab utama kematian pada semua umur dengan proporsi 15,4% serta menduduki urutan ketiga penyakit berbahaya setelah jantung dan kanker yang berujung kematian 50% (Junaidi, 2011). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan stroke hemoragik di bangsal syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017.

Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dalam bentuk deskriptif. Proses penyusunan dimulai dari bulan Januari sampai Juni 2017 dengan waktu penelitian selama lima hari. Populasi penelitian ada 8 orang dengan diagnosa stroke hemoragik di bangsal syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan diambil 2 sampel yang memenuhi kriteria inklusi.

Hasil pengkajian didapatkan pada partisipan 1 diagnosa utama ketidakefektifan bersihan jalan napas ditandai dengan suara gargling dan penumpukan saliva. Tindakan yang dilakukan yaitu suction dan batuk efektif, masalah teratasi pada hari ke-5. Masalah utama pada partisipan 2 yaitu sesak napas, terdapat retraksi dinding dada saat bernapas dengan diagnosa ketidakefektifan pola napas. Tindakan monitor oksigen, posisi semi fowler dapat teratasi pada hari ke-4 dan 5. Diagnosa kedua dan ketiga pada kedua partisipan sama, yaitu ketidakefektifan perfusi jaringan serebral dan hambatan mobilitas fisik. Tindakan yang dilakukan diantaranya memantau GCS, tingkat kesadaran, tanda-tanda vital dan kekuatan otot. Kedua masalah tersebut dapat teratasi pada hari ke-5 untuk pasrtisipan 1 dan 2.

Diharapkan bagi perawat ruangan agar dapat memotivasi pasien serta keluarga tentang kasus stroke hemoragik sehingga dapat meningkatkan asuhan keperawatan secara biopsikososial dan spiritual

Kata kunci : Asuhan Keperawatan, Stroke Hemoragik
Daftar Pustaka : 27 (2007-2015)


Ketersediaan

KTIKP.1787087 Put AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
087 Put A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 71 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this