No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Mioma Uteri Di Ruang Ginekologi Kebidanan Rsup. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017



Armantius

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Mioma Uteri Di Ruang Ginekologi Kebidanan Rsup. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017
Isi ix + 125 halaman, 2 tabel, 5 gambar, 10 lampiran
ABSTRAK
Mioma uteri dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian jika tidak ditangani dengan baik. Pendarahan adalah gejala yang paling sering ditemukan pada pasien mioma uteri. Terdapat 30 kasus mioma uteri di RSUP. Dr. M. Djamil Padang tahun 2016 dan 16 kasus dari bulan Januari-Maret tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan asuhan keperawatan pada pasien mioma uteri di Ruang Ginekologi Kebidanan RSUP. Dr. M. Djamil Padang.
Desain penelitian adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus. Populasi berjumlah 16 orang mioma uteri dengan 2 partisipan yaitu Ny. H dan Ny. E sebagai sampel yang dipilih secara purposive sampling. Waktu studi kasus selama 6 hari. Proses pengumpulan data yang digunakan format pengkajian dan alat timbangan, penlite, termometer dan tensimeter, serta pemeriksaan laboratorium.
Hasil penelitian menunjukan keluhan utama pada kedua partisipan mengalami perdarahanpervaginam. Diagnosa keperawatan utama pada kedua partisipan adalah resiko syok hopovolemik berhubungan dengan perdarahan. Intervensi prioritas keperawatan yang dilakukan pada kedua partisipan adalah memonitor perdarahan pervaginam, melakukan pencegahan infeksi, dan melakukan transfusi darah. Hasil yang didapatkan pada hari kelima rawatan kedua partisipan perdarahan sudah berkurang, dan Hb mengalami peningkatan.
Bagi keluarga Ny. H dan Ny. E diharapkan keterlibatan keluarga dalam memberikan dorongan dan motivasi dalam mempercepat pemulihan kesehatan dan permasalahan kesehatan Ny. H dan Ny. E terutama pada Psikososial, dan Spritual dapat diminimalkan.

Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, mioma uteri
Daftar Pustaka :19 (2007-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1729029 Arm AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
029 Arm A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 125 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this