No image available for this title

Text

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Personal Hygiene Ibu Rumah Tangga Di RW I Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang Tahun 2017



Fani Mayona

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Personal Hygiene Ibu Rumah Tangga Di RW I Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang Tahun 2017

Vi + 58 Halaman, 11 Tabel, 14 Lampiran

ABSTRAK

Personal hygiene yaitu kebersihan dan kesehatan perorangan meliputi kebersihan kulit, kebersihan rambut, kebersihan kuku, kebersihan gigi dan mulut, dan kebersihan pakaian yang bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit pada diri sendiri maupun orang lain. Di Puskesmas pauh penyakit kulit infeksi meningkat dari cakupan tahun 2014 yaitu 890 dan pada tahun 2015 menjadi 1305. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Personal Hygiene Ibu Rumah Tangga di RW I Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang Tahun 2017.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh KK di RW I Kelurahan Lambung Bukit sebanyak 190 KK. sampel penelitian ini sebanyak 66 ibu rumah tangga. Pengambilan sampel dengan simple random sampling, data diolah secara komputerisasi yang dianalisa secara univariat dan bivariat.

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa personal hygiene ibu yang tidak bersih sebanyak 37 ibu (56,1 %). Pengetahuan ibu yang rendah sebanyak 38 ibu (57,6 %). Sikap ibu yang negatif sebanyak 39 ibu (59,1 %). Pendidikan ibu yang menengah sebanyak 43 ibu (65,2 %). Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan personal hygiene (p = 0,002), terdapat hubungan yang bermakna antara sikap dengan personal hygiene (p = 0,001), dan terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan dengan personal hygiene (p = 0,04).

Disarankan kepada ibu- ibu di RW I Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota padang agar lebih menggali informasi tentang personal hygiene serta mengikuti penyuluhan dari puskesmas serta menerapkan personal hygiene dalam kehidupan sehari-hari.


Daftar bacaan : 14 (2005-2015)
Kata Kunci : Personal Hygiene, Pengetahuan, Sikap Dan Pendidikan


Ketersediaan

KTIKL.1720020 Fan FKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
020 Fan F
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 58 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this