No image available for this title

Text

Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dan Kejadian Diare Di Rw III kelurahan Teluk Kabung Utara Kecamatan Bungus Teluk Kabung Tahun 2017



Sri Najmi
GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DAN KEJADIAN DIARE DI RWIIIKELURAHAN TELUK KABUNG UTARA KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG TAHUN 2017
vi+48halaman, 9 tabel, lampiran

ABSTRAK

PHBS adalah semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan dimasyarakat. Salah satu ruang lingkup PHBS adalah PHBS tatanan rumah tangga. Salah satu manfaat dariPHBS tatanan rumah tangga yaitu dapat mencegah berbagai penyakit seperti diare. Puskesmas Bungus mengalami penurunan rumah tangga ber-PHBS dan mengalami peningkatan kejadian diare pada tahun 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Kejadian Diare di RW III Kelurahan Teluk Kabung Utara Kecamatan Bungus Teluk Kabung tahun 2017.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan sampel 66 ibu rumah tangga yang ada di RW III Kelurahan Teluk Kabung Utara Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Yang dilaksanakan pada bulan Desember 2016 sampai Juni 2017. Analisis data dilakukan secara univariat dan penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi mengenai PHBS dan diare.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh responden berpengetahuan rendah sebesar 51,5%, responden memiliki sikap negatif sebesar 56,1%, responden memiliki tindakan buruk sebesar 53% dan responden yang pernah diare sebesar 42,4%.

Untuk itu diharapkan pihak puskesmas lebih giat lagi dalam menyampaikan informasi ke masyarakat baik memasang poster ataupun memberikan penyuluhan lansung kemasyarakat, malakukan kunjungan rumah kerumah supaya berjalannya pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat ditatanan rumah tangga.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, PHBS, Rumah Tangga, Diare
Daftar Bacaan :18 (2008-2016)


Ketersediaan

KTIKL.1715015 Sri GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
015 Sri G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 48 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this