No image available for this title

Text

Gambaran Sanitasi Pengolahan Makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Dr. Reksodiwiryo Kota Padang Tahun 2017



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2017
Widia
Gambaran Sanitasi Pengolahan Makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Dr. Reksodiwiryo Kota Padang Tahun 2017
v + 57 halaman, 4 tabel, 9 lampiran

ABSTRAK


Rumah Sakit Dr. Reksodiwiryo Kota Padang masih belum menerapkan prinsip-prinsip hygiene sanitasi makanan. Lantai dapur licin dan kotor, sehingga memungkinkan terjadinya pencemaran fisik, biologi, dan kimia pada makanan. Selain itu, penjamah di instalasi gizi tersebut tidak memakai pakaian kerja pada saat pengolahan makanan, tidak memakai masker, penutup kepala, tidak memakai celemek, serta ada yang memakai perhiasan saat melakukan pengolahan makanan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sanitasi pengolahan makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Dr. Reksodiwiryo Kota Padang Tahun 2017.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu menggambarkan sanitasi pengolahan makanan di instalasi gizi rumah sakit Dr. Reksodiwiryokota Padang tahun 2017. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung terhadap tempat pengolahan makanan, peralatan pengolahan makanan, cara pengolahan makanan dan personal higiene penjamah makanan.
Hasil observasi terhadap tempat pengolahan makanan memenuhi persyaratan dengan skor 83,33%, peralatan pengolahan makanan memenuhi persyaratan dengan skor 100%, cara pengolahan makanan memenuhi persyaratan dengan skor 71,42% serta personal higiene penjamah makanan memenuhi persyaratan dengan skor 100%.
Diharapkan kepada penjamah makanan agar menjaga lantai agar tetap bersih dan tidak licin,koordinator instalasi gizi menyediakan masker,celemek,sarung tangan dan penutup kepala yang dipakai oleh penjamah makanan, instalasi gizi hendaknya makanan yang berkuah dimasak pada akhir dan makanan yang tahan lama seperti goreng-gorengan dimasak diawal dan ventilasi di instalasi gizi sebaiknya ditambah dengan ventilasi buatan.

Kata Kunci : tempat, peralatan, cara, personal higiene penjamah makanan di Rumah Sakit Dr. Reksodiwiryo
Daftar Kepustakaan : 16 ( 2002-2015)


Ketersediaan

KTIKL.1730030 Wid GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
030 Wid G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 57 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this