No image available for this title

Text

Penerapan Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Mioma Uteri di Ruang Ginekologi Kebidanan RSUP Dr.M. Djamil Padang Tahun 2016



Nadia Atri Cani

“Penerapan Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Mioma Uteri di Ruang Ginekologi Kebidanan RSUP Dr.M. Djamil Padang Tahun 2016”

xiii+69halaman, 1 gambar, 1 tabel, 11lampiran

ABSTRAK

Mioma uteri merupakan tumor ginekologi kedua terbanyak di Indonesia. Umumnya ditemukan pada wanita usia reproduksi. Gejala yang ditimbulkan diantaranya keluarnya darah pervaginam secara terus menerus disertai nyeri, retensi urine, dan konstipasi. Peran perawat dibutuhkan terutama dalam memenuhi kebutuhan dasar pasien sehingga pasien bisa mencapai aktualisasi diri.Tujuan penelitian yaitu untuk melakukan asuhan keperawatan pada pasien dengan mioma uteri di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Jenis penelitian menggunakan desain deskriptif dalam bentuk satu dikasus. Populasi saat penelitian 2 orang, sedangkan sampel 1 orang dipilih berdasarkan kebutuhan fisiologis Ny. J yang lebih membutuhkan.Waktu penelitian dimulai tanggal 25 Mei – 1 Juni 2016.Cara pengumpulan data melaluio bservasi, wawancara, pemeriksaan fisik, dan stu didokumentasi. Proses analisis data dimulai dari pengumpulan data sampai evaluasi. kemudian data diolah dan dianalisis dan dituangkan dalam bentuk naratif dengan membandingkan antara teori dan kasus.

Hasil pengkajian yang didapat perdarahan pervaginam terus-menerus disertai nyeri pada bagian perut. Termasuk jenis mioma submukosa. Diagnosis keperawatan yang muncul 4 sebelum operasi dan 3 setelah operasi dengan prioritas masalah nyeri akut. Intervensi yang disusun yaitu manajemen nyeri.Implementasi yang dilakukan megkaji nyeri, mengajarkan teknik nafas dalam, meningkatkan istirahat, dan monitor tanda-tanda vital. Setelah dilakukan evaluasi, masalah teratasi, pasien mengatakan nyeri berkurang, tidak tampak meringis, skala nyeri 4.

Perawat diharapkan lebih mengkaji dan mengidentifikasi keluhan pasien sehingga dapat memberikan asuhan keperawatan yang maksimal. Perlunya kemandirian pasien dalam menjaga luka operasi da nketerlibatan keluarga dalam perawatan dan pemulihan luka pasien.

Kata kunci : asuhan keperawatan, Mioma Uteri
DaftarPustaka : 21 (2005 – 2015)


Ketersediaan

KTIKP.16116116 Nad PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
116 Nad P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 82 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this