No image available for this title

Text

Penerapan Asuhan Keperawatan pada Ny. G dengan Mioma Uteri di Ruang Ginekologi RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2016



Surya Yuliana
Penerapan Asuhan Keperawatan pada Ny. G dengan Mioma Uteri di Ruang Ginekologi RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2016
xii+82 halaman+1 gambar+1 skema+1 tabel+9 lampiran
Abstrak
Mioma uteri menyebabkan morbiditas yang cukup tinggi karena dapat menyebabkan nyeri perut dan perdarahan abnormal, serta dapat menyebabkan kesuburan rendah. Bulan Agustus 2015 terdapat tiga orang yang mengalami mioma uteri di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Perawat berperan dalam deteksi,penanganan,terapi,dan memberikan asuhan keperawatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan asuhan keperawatan mulai dari pengkajian sampai pembuatan dokumentasi keperawatan.
Desain penelitian adalah deskriptif. Populasi berjumlah satu orang. Sampel penelitian adalah Ny. G dengan mioma uteri. Penelitian dimulai bulan Maret sampai Juli 2016. Asuhan keperawatan dilakukan tanggal 30 Mei-3 Juni 2016 dan dilakukan sesuai dengan tahapan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi.
Saat pengkajian ditemukan perbedaan antara riwayat KB dengan mioma uteri. Jika memakai KB jenis hormonal khususnya estrogen mempengaruhi perkembangan mioma menjadi lebih berbahaya karena hormon estrogen akan mempercepat tumbuhnya mioma. Diagnosis utama pre op yaitu gangguan eliminasi urin dan post op yaitu nyeri akut. Implementasi dilakukan yaitu manajemen eliminasi urin dan manajemen nyeri. Setelah dilakukan asuhan keperawatan keadaan pasien membaik,pengeluaran urin normal, nyeri berkurang dan pasien diperbolehkan pulang.
Perawat harus dapat berpikir kritis dalam menegakkan diagnosis sesuai dengan pengkajian dan kebutuhan pasien.Perawat diharapkan dapat mengidentifikasi lebih dini tanda dan gejala mioma uteri.

Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, Mioma Uteri
Daftar Pustaka : 46 (2005-2015)


Ketersediaan

KTIKP.16120120 Sur PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
120 Sur P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 94 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this