Text
Gambaran Tingkat Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Penampilan dan Rasa Makanan (Pecel Ayam) yang Disajikan di Kantin Kampus I Poltekkes Kemenkes Padang Pada Tahun 2016
Yuri Aini Qalbya
Gambaran Tingkat Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Penampilan dan Rasa Makanan (Pecel Ayam) yang Disajikan di Kantin Kampus I Poltekkes Kemenkes Padang Pada Tahun 2016
v + 49 halaman, 16 tabel, 7 lampiran
ABSTRAK
Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang penting, sehingga banyak industri jasa makanan dan gizi yang berkembang menyebabkan adanya persaingan untuk dapat memenuhi kepuasan kon¬sumen termasuk da¬lam hal melakukan penyelenggaraan makanan baik komersial maupun non komersial. Penelitian Fandi Otta Prawiro tahun 2013 menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen dapat dilihat dari bentuk produk. Bentuk produk memberikan kontribusi 54,8% terhadap kepuasan konsumen dalam membeli produk, sedangkan sisanya 45,2% ditentukan oleh faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan konsumen tentang penampilan dan rasa makanan yang disajikan di kantin kampus I Poltekkes Kemenkes Padang.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan dilakukan di kantin kampus I Poltekkes Kemenkes Padang dimana pengumpulan data dilakukan selama 10 hari, yaitu pada bulan April dan Mei 2016. Jumlah sampel sebanyak 63 orang yang ditentukan dengan rumus estimasi proporsi. Cara pengambilan sampel adalah Quota Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi serta sedikit wawancara dan hasil dari data mengenai kepuasan konsumen terhadap penampilan (warna, tekstur, bentuk, porsi, serta cara penyajian makanan) dan rasa makanan (aroma, bumbu, keempukan, kematangan, serta suhu makanan) disajikan ke dalam tabel distribusi frekuensi lalu dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan dilihat dari penampilan makanan pada kantin A dan B didapatkan bahwa lebih dari setengah (52.4% dan 57.1%) konsumen mengatakan tidak puas dari segi penampilan makanan. Sedangkan pada kantin C konsumen merasa puas sebanyak 52.4%. Rasa makanan pada kantin A dan B didapatkan bahwa kurang dari setengah (42.9 % dan 28.6 %) konsumen mengatakan tidak puas dari segi rasa makanan. Sedangkan pada kantin C konsumen merasa tidak puas terhadap rasa makanan sebanyak 52.4%.
Disarankan kepada pihak kantin untuk lebih memperhatikan kualitas setiap menu yang disajikan terutama memperhatikan standar resep dan standar porsi dengan baik.
Kata Kunci (Key Word) : Kepuasan Konsumen, Penampilan dan Rasa Makanan
Daftar Bacaan : 24 (1996-2015)
Tidak tersedia versi lain