No image available for this title

Text

Hubungan Kebiasaan Konsumsi Lemak, Asupan Vitamin C dan Status Gizi dengan Kejadian Hipertensi pada Orang Dewasa di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2016



Aufa Husna Sastra
Hubungan Kebiasaan Konsumsi Lemak, Asupan Vitamin C dan Status Gizi dengan Kejadian Hipertensi pada Orang Dewasa di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2016
Vii + 59 halaman, 9 tabel, 10 grafik, 9 lampiran
ABSTRAK
Hipertensi merupakan penyebab kematian dan kesakitan yang tinggi. Hipertensi sering diberi gelar The Silent Killer karena hipertensi merupakan pembunuh tersembunyi disamping prevalensinya yang tinggi dan cenderung meningkat dimasa yang akan datang. Berdasarkan hasil Riskesdas 2013 prevalensi kejadian hipertensi di Kota Padang lebih tinggi (24,2%) dibandingkan prevalensi kejadian hipertensi di Sumatera Barat (22,6%). Hipertensi juga disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti pola makan berlemak, kurangnya asupan vitamin C dan status gizi lebih yang merupakan faktor risiko hipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan konsumsi lemak, asupan vitamin C dan status gizi dengan kejadian hipertensi.
Penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan desain cross secsional study di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2016, yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2016. Subjek penelitian adalah orang dewasa sebanyak 42 orang. Data yang dikumpulkan adalah asupan lemak, dan vitamin C menggunakan format Sq-FFQ, status gizi dengan pengukuran BB dan TB dan pengukuran tekanan darah yang dibantu oleh petugas puskesmas. Analisis data dilakukan secara analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi Square( p < 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan kejadian hipertensi sebanyak 64,3%, asupan lemak total lebih sebanyak 21,4%, asupan lemak jenuh lebih sebanyak 76,2%, asupan lemak tidak jenuh kurang sebanyak 100%, asupan vitamin C kurang sebanyak 90,5% dan status gizi lebih sebanyak 45,2%. Hasil analisis statistik didapat tidak terdapat hubungan yang bermakna antara asupan lemak total, asupan vitamin C dan status gizi (p>0,05), sedangkan terdapat hubungan yang bermakna antara asupan lemak jenuh dengan kejadian hipertensi (p < 0,05)
Disarankan kepada tenaga gizi dan tenaga kesehatan lainnya untuk meningkatkan pemberian penyuluhan dan konsultasi kesehatan terkait hipertensi dan kepada masyarakat agar dapat menjalankan pola hidup sehat dan menjaga status gizi tetap normal agar terhindar dari berbagai penyakit degenerative terutama hipertensi.
Kata kunci : Hipertensi, kebiasaan konsumsi lemak, vitamin C, dan status gizi
Daftar pustaka : 43 (1999-2015)


Ketersediaan

KTIGZ.1637037 Auf HKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
037 Auf H
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 87 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this