No image available for this title

Text

Gambaran Penerapan Perilaku Hidup Bersihdan Sehat (Phbs) Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Terhadap Siswa Kelas Iv Dan V Sd Negeri 04 Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung



Utari Yunita

Gambaran Penerapan Perilaku Hidup Bersihdan Sehat (Phbs) Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Terhadap Siswa Kelas Iv Dan V Sd Negeri 04 Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung

viii+42 halaman+ 6 tabel+6 lampiran
ABSTRAK
Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru, masyarakat dan lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebelum dan sesudah penyuluhan terhadap siswa kelas IV dan V di SD Negeri 04 Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung tahun 2016.
Jenis penelitian adalah deskriptif, yaitu untuk mengetahui gambaran Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebelum dan sesudah penyuluhan terhadap siswa kelas IV dan V di SD Negeri 04 Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung.

Pada hasil penelitian diketahui bahwa sebelum diberikan penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat dengan hasil tindakan baik terdapat 16 siswa (34,8%), sedangkan hasil tindakan tidak baik terdapat 30 siswa (65,2%). Kemudian setelah dilakukan empat kali penyuluhan tetang perilaku hidup bersih dan sehat dengan hasil tindakan baik pada minggu ke-4 terdapat 24 siswa (52,2%) dan hasil tindakan tidak baik terdapat 22 siswa (47,8%).
Disarankan kepada siswa agar terus menjaga kesehatan lingkungan sekolah seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan kamar mandi sesudah dipakai, dan memberantas jentik nyamuk. Maupun kesehatan pribadi seperti mengkonsumsi jajanan sehat, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunkan sabun sesudah dan sebelum makan, olahraga yang teratur, tidak merokok, menimbang berat badan dan tinggi badan setiap enam bulan sekali.

Kata Kunci: Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)
Daftar Pustaka : 11 (2005-2016)


Ketersediaan

KTIKL.1650050 Uta GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Imliah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
050 Uta G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 71 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this