Text
Hubungan Status Gizi (IMT/U) Dan Peran Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Dan V Sdn 01 Ampang Kecamatan Kuranji Kota Padang Tahun 2015
Karya Tulis Ilmiah
Delfia Agustami
Hubungan Status Gizi (Imt/U) Dan Peran Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Dan V Sdn 01 Ampang Kecamatan Kuranji Kota Padang Tahun 2015
vi, 45 Halaman, 9 Tabel, 5 Lampiran
Abstrak
Salah Satu Unsur Penilaian Prestasi Belajar Adalah Nilai Ujina Nasional. Rata-Rata Nilai Ujian Nasional SD Di Provinsi Sumatera Barat Mengalami Penurunan, Yaitu 7,91 Pada Tahun 2013 Dan 7,6 Di Tahun 2014. Prestasi Belajar Dapat Dipengaruhi Oleh Status Gizi Dan Peran Keluarga. Berdasarkan Riskesdas 2010, Status Gizi (Imt/U) Anak Umur 6 – 12 Secara Nasional Yang Tergolong Normal Sebesar 78,6% Dan Terjadi Penurunan Pada Tahun 2013 Yaitu Status Gizi Normal 70%. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Hubungan Status Gizi Dan Peran Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa.
Desain Penelitian Yang Digunakan Cross Sectional. Populasi Dan Sampel Dalam Peneliian Ini Adalah Siswa Kelas IV Dan V Sebanyak 71 Orang. Data Primer Berupa Data Status Gizi Yang Diukur Menggunakan Microtoise Dan Timbangan Digital, Serta Data Peran Keluarga Yang Diukur Dengan Wawancara Menggunakan Kuesioner, Sedangkan Data Sekunder Berupa Data Prestasi Belajar Siswa. Data Diolah Melalui Proses Editing, Coding, Entry Data Dan Cleaning. Data Dianalisis Secara Univariat Dan Bivariat Dengan Menggunakan Uji Statistic Chi Square Dengan Derajat Kemaknaan 95%.
Hasil Analisis Univariat Menunjukkna Sebanyak 25,4% Sampel Memilikiprestasi Belajar Yang Kurang, 23,9% Sampel Dengan Status Gizi Tidak Normal (Kurus, Gemuk, Dan Obesitas) Dan Sebanyak 36,6% Sampel Memiliki Peran Keluarga Yang Kurang. Hasil Analisis Bivariat Menunjukkan Bahwa Tidak Ada Hubungan Yang Bermakana Antara Status Gizi Dengan Prestasi Belajar (P>.0.05) Dan Terdapat Hubungan Bermakna Antara Peran Keluarga Dengan Prestasi Belajar (P
Tidak tersedia versi lain