Text
Hubungan Status Gizi, Peran Orang Tua dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V SD N 04 Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Tahun 2015
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Rama Defitri
Hubungan Status Gizi, Peran Orang Tua dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V SD N 04 Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Tahun 2015
ABSTRAK
Berdasarkan hasil survei awal, prestasi belajar SD N 04 Pasar Ambacang mengalami penurunan peringkat nilai Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) pada tingkat kecamatan yaitu, dari peringkat 16 pada tahun ajaran 2012/2013 menjadi 42 pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi, peran orang tua dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas IV dan V SD N 04 Pasar Ambacang tahun 2015.
Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross sectional. Populasi berjumlah 68 siswa dimana seluruhnya dijadikan subjek penelitian. Data status gizi diperoleh dengan cara antropometri, peran orang tua dan fasilitas belajar dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner. Data prestasi belajar dilihat dari rapor siswa. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi-square dengan derajat kemaknaan 95%.
Hasil penelitian didapatkan 30,9% siswa dengan status gizi pendek dan 69,1% normal, separoh (50%) siswa memiliki peran orang tua yang kurang, kurang dari separoh (42,6%) siswa dengan fasilitas belajar kurang, dan lebih dari separoh (52,9%) siswa dengan prestasi belajar rendah. Tidak ada hubungan antara status gizi (TB/U) dengan prestasi belajar siswa (p=1,000), terdapat hubungan antara peran orang tua dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa, dimana p=0,029 dan p=0,003.
Disarankan kepada petugas kesehatan agar dapat melakukan pengukuran status gizi anak sekolah secara rutin, serta diharapkan kepada sekolah dan orang tua siswa untuk memberi dorongan kepada siswa untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Status Gizi, Peran orang Tua, dan Fasilitas Belajar.
Daftar Pustaka (33) (2001-2015)
Tidak tersedia versi lain