No image available for this title

Text

Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja Di SMA PGRI 4 Padang Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Yuli Putri Ani

Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja Di SMA PGRI 4 Padang Tahun 2015

xi + 67 halaman, 7 Tabel, 11 lampiran


ABSTRAK

Perilaku seksual remaja dipengaruhi oleh peran orangtua, media massa, dan teman sebaya. Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti di SMA PGRI 4 Padang Maret 2015 didapatkan remaja berperilaku seksual beresiko seperti pernah berpelukan, berciuman bibir, saling meraba, memegang bagian sensitif, oral seks, dan melakukan hubungan seks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual remaja di SMA PGRI 4 Padang Tahun 2015.

Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan di SMA PGRI 4 Padang bulan Mei - Juni Tahun 2015. Populasi adalah seluruh siswa SMA PGRI 4 Padang berjumlah 89 orang. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara. Data diolah kemudian di analisa, analisa univariat menggunakan statistik deskriptif berupa distribusi frekuensi dan persentasi, dan bivariat menggunakan uji chi-square (α = 0,05)

Hasil penelitian menunjukkan (57,3%) siswa berperilaku seksual beresiko, (48,3%) siswa terpengaruh karena peran orangtua, (48,3%) siswa terpengaruh oleh media massa, dan (53,9%) siswa terpengaruh teman sebaya. Uji chi-square menunjukkan adanya hubungan bermakna antara peran orang tua p value = 0,037, media massa p value = 0,000, dan teman sebaya p value = 0,000 dengan perilaku seksual remaja.

Disarankan bagi Kepala Sekolah SMA PGRI 4 Padang agar dapat memberikan, pendidikan moral, pendekatan agama kepada siswa serta memberikan bimbingan kepribadian kepada siswa dan bekerja sama dengan instansi terkait untuk penyuluhan tentang bahaya dan dampak dari perilaku seksual.


Kata Kunci : Faktor-Faktor, Perilaku Seksual, Remaja
Daftar Pustaka : 22 (2003-2015)


Ketersediaan

KTIKP.1585085 Yul FKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 85 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this