Text
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa SD YAPI Kecamatan Koto Tangah Padang Tahun 2015
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Ayubudiarti Agusdina
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa SD YAPI Kecamatan Koto Tangah Padang Tahun 2015.
vii + 36 Halaman + 6 tabel + 2 bagan + 10 lampiran
ABSTRAK
Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan pada 24 Februari 2015 pada 5 orang siswa di SD YAPI Kecamatan Koto Tangah Padang hanya 1 diantara 5 orang siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah (20%).Pada satu ruang belajar digunakan untuk 2 kelas. SD YAPI Kecamatan Koto Tangah Padang merupakan SD dengan peringkat kelulusan UN tahun 2014 terendah di kota Padang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan motivasi siswa dengan prestasi belajar siswa SD YAPI Padang tahun 2015.
Jenis penelitian analitik. Desain penelitian cross sectional study. Penelitian dilakukan di SD YAPI Kecamatan Koto Tangah Padang mulai dari bulan Desember 2014 – Mei 2015. Populasi pada penelitian berjumlah 39 orang siswa. Seluruh populasi dijadikan subjek penelitian. Data diperoleh dari angket dan studi dokumentasi. Pengolahan data dilakukan komputerisasi melalui tahap editing, coding, entry, dan cleaning data. Analisis dilakukan secara univariat berupa distribusi frekuensi dengan presentase, analisis bivariat menggunakan uji Chi- Square.
Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan prestasi belajar dan motivasi belajar kurang hampir separo, pola asuh kurang lebih dari separo. Uji Chi- Square menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa p = 0,003 (p< 0,05), motivasi dengan prestasi belajar siswa p = 0,000 (p< 0,05).
Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada Pimpinan sekolah agar lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan lagi motivasinya dalam belajar dan menyarankan kepada orang tua siswa agar dapat meningkatkan lagi pola asuh terhadap anak. Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat melanjutkan penelitian tentang prestasi belajar dengan variabel lain seperti status kesehatan siswa, intelegensi, bakat, faktor sekolah dan masyarakat.
Kata Kunci (Key Word) : Pola Asuh, Motivasi Siswa, Prestasi Belajar
Daftar Pustaka : 18 (2002-2015)
Tidak tersedia versi lain