No image available for this title

Text

Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Pre Op Fraktur Femur Yang Dirawat Di Ruang PRE OP IGD RSUP Dr. M Djamil Padang Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Rahmi Putri Sari

Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Pre Op Fraktur Femur Yang Dirawat Di Ruang PRE OP IGD RSUP Dr. M Djamil Padang Tahun 2015

ix + 34 Halaman + 4 Tabel + 10 Lampiran


ABSTRAK

RISKESDAS (2013) menyatakan bahwa proporsi kejadian kecelakaan tertinggi menggunakan transportasi sepeda motor yaitu sebanyak 53% yang menyebabkan fraktur sebanyak 27,5%. Di RSUP Dr.M Djamil Padang, kasus yang tertinggi adalah fraktur femur yaitu 30 kasus. Penatalaksanaan untuk fraktur femur perlu dilakukan tindakan operasi. Operasi atau pembedahan merupakan tindakan yang menimbulkan kecemasan. Setiap klien yang dirawat di rumah sakit pada umumnya mengalami cemas dan masalah psikologis yang berkaitan dengan penyakitnya sekitar 30-60 %. Sekitar 80 % dari pasien yang menjalani pembedahan melaporkan mengalami kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran tingkat kecemasan pasien pre op fraktur femur yang dirawat di Ruang Pre Op IGD RSUP DR. M DJamil Padang.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang dilakukan di Ruang Pre Op IGD RSUP DR. M DJamil Padang pada bulan Desember 2014 sampai bulan Juni 2015. Populasi adalah seluruh pasien pre op fraktur femur yang dirawat di Ruang Pre Op IGD RSUP DR. M DJamil Padang dan sampel adalah 30 orang. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling, pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner dengan cara wawancara dan observasi dan di olah menggunakan cara komputerisasi dengan langkah editing, coding, entry, cleaning, tabulating, dan analisa univariat.

Hasil penelitian terhadap 30 pasien pre op fraktur femur yang dirawat di Ruang Pre Op IGD RSUP DR. M DJamil Padang diperoleh data bahwa separoh (50%) pasien pre op fraktur femur berusia dewasa akhir, sebagian besar (76,7%) berjenis kelamin laki-laki dan lebih dari separoh (66,7%) memiliki pendidikan tinggi. Lebih dari separoh (53,3%) mengalami tingkat kecemasan ringan.

Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan maka ada beberapa saran yang dapat disampaikan terutama pada perawat manager di Ruang Pre Op IGD RSUP DR. M DJamil Padang untuk dapat lebih mengarahkan perawat pelaksana memberikan dukungan berupa memberikan informasi yang benar dan jelas bagi pasien dan memberikan penyuluhan pre operasi kepada pasien pre op fraktur femur. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan pasien pre op fraktur femur.


Kata Kunci (Key Word) : Tingkat Kecemasan
Daftar Bacaan : 30 (2002 – 2014)


Ketersediaan

KTIKP.1559059 Rah GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 48 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this