No image available for this title

Text

Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Saat Menstruasi Dengan Tindakan Personal Hygiene Saat Menstruasi Di SMPN 28 Padang



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Erica Afrinolla Harmen

Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri tentang Personal Hygiene saat Menstruasi dengan Tindakan Personal Hygiene saat Menstruasi di SMPN 28 Padang

xii + 52 halaman, 1 gambar, 2 bagan, 3 tabel, 11 lampiran


ABSTRAK

Remaja merupakan individu yang sedang mengalami masa peralihan yang secara berangsur mencapai kematangan seksual, perubahan jiwa, perubahan keadaan ekonomi, timbulnya ciri kelamin sekunder, perubahan psikis, dan pada remaja putri terjadinya menstruasi. Meningkatnya kejadian keputihan di Indonesia disebabkan karena kurangnya pengetahuan wanita dalam menjaga kebersihan terutama kebersihan kewanitaan pada saat menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja putri tentang personal hygiene saat mentruasi dengan tindakan personal hygiene saat menstruasi di SMPN 28 Padang.

Jenis penilitian adalah deskriptif analitik. Penelitian dilakukan di SMPN 28 Padang pada bulan Desember sampai Juni 2015. Populasi penelitian adalah remaja putri kelas VII dan VIII yang bersekolah di SMPN 28 Padang dengan sampel 69 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Pengolahan data melalui tahap editing, coding, entry, dan cleaning. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 17,4% remaja putri berpengetahuan rendah tentang personal hygiene saat menstruasi, dan 47,8% remaja putri memiliki tindakan personal hygiene saat menstruasi yang kurang baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan remaja putri tentang personal hygiene saat menstruasi dengan tindakan personal hygiene saat menstruasi di SMPN 28 Padang dengan p value = 0,002.

Diharapkan kepada Kepala Sekolah untuk meningkatkan program UKS dan berkoordinasi dengan tenaga kesehatan untuk memberikan informasi kepada remaja putri agar lebih meningkatkan pengetahuannya sehingga tindakan personal hygiene bisa lebih baik.



Kata Kunci : Personal Hygiene, Menstruasi
Pustaka : 22 (2003-2014)


Ketersediaan

KTIKP.1555055 Eri HKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 66 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this