No image available for this title

Text

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMK N 1 Padang Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Ravika Rachmayati

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMK N 1 Padang Tahun 2015

xi + 59 halaman + 8 tabel + 10 Lampiran

ABSTRAK

Bullying adalah penyiksaan yang berulang-ulang dilakukan sengaja terhadap orang yang lebih lemah untuk menyakiti korban. Kasus bullying di sekolah menduduki peringkat teratas pengaduan masyarakat ke KPAI, dari tahun 2011 kasus pengaduaan sebanyak 61 kasus, tahun 2012 sebanyak 130 kasus, tahun 2013 sebanyak 91 kasus dan tahun 2014 sebanyak 87 kasus.Di SMK N 1 Padang ditemukannya siswa yang memukul kepala dan badan teman, menyuruh teman dengan kata-kata kasar dan memanggil teman dengan julukan yang tidak disukai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada siswa SMK N 1 Padang.

Desain penelitian adalah desckriptif analitik. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Padang. Pengumpulan data dimulai pada tanggal 7-10 Maret. Populasi pada penelitian ini berjumlah 187 siswa kelas X, XI listrik disrtibusi dan listrik instalasi. Jumlah sampel 59 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan angket menggunakan kuesioner. Pengolahan data meliputi editing, coding, entry, dan cleaning. Analisa data secara univariat berupa distribusi frekuensi dan analisa bivariate yang menggunakan ujiChi square.

Hasil penelitian ini menunjukkan kurang dari separo (45,8%) siswa di SMK N 1 Padang berperilaku bullying. Dari 3 macam jenis pola asuh didapatkan kurang dari separo (42,4%) orang tua menerapkan pola asuh demokratik, kurang dari separo (37,3%) orang tua menerapkan pola asuh otoriter dan sebagian kecil (20,3%) orang tua menerapkan pola asuh permisif. Terdapat hubungan yang bermakna antara pola asuh otoriter (p=0,003) dan pola asuh demokratik orang tua (p=0,009) dengan perilaku bullying, dan tidak ada hubungan yang bermakna antara pola asuh pemisif (p=1,000) dengan perilaku bullying.
Diharapkan kepada pihak sekolah teutama kepada guru BK untuk memberikan informasi kepada orang tua siswa mengenai pola asuh yang tepat bagi perkembangan moral anak. Peneliti selanjutnya agar dapat meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada anak seperti factor jenis kelamin, lingkungan sekolah dan lingkungan pergaulan.


Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Bullying
Daftar Pustaka : 18 ( 2006-2014 )


Ketersediaan

KTIKP.1542042 Rav HKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 77 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this