Text
Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 11 Bungus Teluk Kabung Padang Tahun 2015
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Nindia Lorenza Fide, 123110317
Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMAN 11 Bungus Teluk Kabung Padang Tahun 2015
xiv + 76 halaman, 15 tabel, 10 lampiran
ABSTRAK
Data nilai UN SMA/MA di Sumatera Barat tahun 2013/2014 dari Dinas Pendidikan Kota Padang menunjukkan bahwa SMAN 11 Padang menempati peringkat 51 dari 312 SMA/MA di Sumatera Barat, menempati posisi 5 terendah jika dilihat dari SMA/MA negeri yang ada di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar siswa di SMAN 11 Bungus Teluk Kabung Padang Tahun 2015.
Desain penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Padang pada bulan Januari-Juni 2015. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMAN 11 Padang dengan jumlah 156 siswa kelas XI IPA di SMAN 11 Padang dengan jumlah sample 112 siswa ang diambil dengan teknik proposional random sampling. Pengolahan data melalui tahap editing, coding, entry, dan cleaning. Analisa univariat menggunakan statistik deskriptif berupa distribusi frekuensi dan persentase, analisa bivariat menggunakan uji chi-square dengan = 0,05.
Hasil penelitian ini diperoleh prestasi belajar ang kurang (44,6%), kesehatan fisik siswa yang tidak normal (28,6%), emosi siswa yang tidak stabil dalam belajar (48,2%), sikap siswa yang tidak baik dalam belajar (42,0%), peran keluarga siswa yang tidak ada terhadap prestasi belajar (28,6%) dan pengaruh teman yang buruk terhadap prestasi belajar (50,0%). Uji chi-square menunjukkan ada hubungan bermakna antara pengaruh teman bergaul dengan prestasi belajar nilai p = 0,037, tidak ada hubungan yang bermakna antara kesehatan fisik dengan prestasi belajar nilai p = 0,452, emosi dengan prestasi belajar nilai p = 0,596, sikap dengan prestasi belajar nilai p = 0,559, dan peran keluarga dengan prestasi belajar nilai p = 0,741.
Disarankan kepada pihak sekolah/ guru untuk mengadakan pertemuan antara keluarga/ orangtua siswa minimal saat pergantian tahun ajaran baru untuk membahas permasalahan pergaulan siswa/siswi baik dilingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah serta membahas mengenai prestasi belajar yang diperoleh siswa/siswi disekolah.
Daftar Pustaka : 33 (2004-2014)
Keyword : Prestasi Belajar
Tidak tersedia versi lain