No image available for this title

Text

Gambaran Sanitasi Tempat Pengolahan Makanan, Peralatan Dan Personal Hygiene Tenaga Pengolah dalam Pengolahan Makanan pada Industri Mie Sinar Matahari di Kota Pariaman Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Rika Oktaria (121110059)

Gambaran Sanitasi Tempat Pengolahan Makanan, Peralatan Dan Personal Hygiene Tenaga Pengolah dalam Pengolahan Makanan pada Industri Mie Sinar Matahari di Kota Pariaman Tahun 2015

ix+ 45 halaman, 6 tabel, 10 gambar, 7 lampiran

ABSTRAK

Tempat pengolahan makanan adalah bagian dari sebuah industri makanan yang digunakan untuk menyiapkan dan mengolah bahan makanan sehingga menjadi produk makanan yang siap untuk dimakan. Makanan yang sehat di peroleh jika makanan itu diolah dan disajikan secara bersih maka tempat pengolahan makanan harus memenuhi persyaratan yang terjaga kebersihannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sanitasi tempat pengolahan makanan, peralatan dan personal hygiene tenaga pengolah makanan.

Objek penelitian ini tempat pengolahan makanan, peralatan dan personal hygiene tenaga pengolah makanan di industri Mie Sinar Matahari. Penelitian dilakukan dengan cara observasi langsung menggunakan checklist pada bangunan dan fasilitas sanitasiberdasarkan persyaratan KEPMENKES No.1405/MENKES/SK/XI/2002 tentang Persyaratan kesehatan lingkungan kerja perkantoran dan industri. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan disajikan dalam bentuk narasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tempat pengolahan makanan sudah memenuhi persyaratan sebanyak 12 item (≥9 ), pada fasilitas peralatan sanitasinya sudah memenuhi persayaratan sebanyak 6 item (≥3 )serta personal hygieneyang memenuhi syarat sebanyak 21 orang, dan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 19 orang.

Fasilitas sanitasi tempat pengolahan makanan yang tidak memenuhi persyaratan sangat berisiko menyebabkan kontaminasi makanan yang berdampak pada kesehatan konsumennya seperi diare dan penyakit lainnya. Oleh karena itu perlu dilengkapinya fasilitas sanitasi tempat pengolahan makanan yang sesuai persyaratan kesehatan. Untuk Sanitasi bangunan yang telah memenuhi persyaratan agar dapat dipelihara dan ditingkatkan lagi.

Kata Kunci : Tempat Pengolahan Makanan, Peralatan Dan Personal Hygiene Tenaga Pengolah Makanan
Daftar Pustaka :13 (2002 -2014)


Ketersediaan

KTIKL.1580080 Rik GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 68 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this