No image available for this title

Text

Gambaran Sanitasi Dasar dan Personal Hygiene Pekerja di Fa.Talaha Texstil Industri Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang Sawahlunto Tahun 2014



Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015
Merisya Santri
Gambaran Sanitasi Dasar dan Personal Hygiene Pekerja di Fa.Talaha Texstil Industri Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang Sawahlunto Tahun 2014

ix + 35 Halaman, 7 Tabel, 3 Lampiran


ABSTRAK
Sanitasi adalah segala upaya yang dilakukan untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan. Sanitasi mempengaruhi dan memberi dampak terhadap lingkungan. Sedangkan Personal Hygiene merupakan sikap akan kebersihan diri sendiri. Sanitasi dasar sama pentingnya dengan personal hygiene. Lingkungan yang baik akan tercipta dari individu yang baik pula. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran sanitasi dasar dan personal hygiene pekerja di pabrik Fa Talaha Texstil Industri.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu untuk melihat gambaran sanitasi dasar dan personal hygiene di Fa. Talaha Texstil Silungkang, Sawah Lunto yang dilaksanakan pada bulan Maret – Juni tahun 2014, dengan populasi berjumlah 40 orang, dan sampel semua populasi dijadikan sampel, serta data primer dari wawancara langsung dan data sekunder diperoleh dari pihak industri.
Sanitasi dasar yang ada terdapat di pabrik tersebut masih belum memenuhi persyaratan kesehatan. Lebih dari setengah (65%) perawatan diri pada kulit responden (pekerja), lebih dari setengah (67%) perawatan diri pada kuku tangan dan kaki responden (pekerja), adalah baik. Sedangkan lebih dari setengah (70%) perawatan diri pada rambut responden (pekerja), lebih dari setengah (65%) perawatan diri mulut dan gigi responden (pekerja) Fa. Talaha textil Kalaban Kecamatan Silungkang, Sawahlunto adalah buruk.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini disaran pengelola industri agar lebih melengkapi sanitasi dan cara pengelolaan Sanitasi Dasar dan Personal Hygiene Pekerja supaya pekerja dapat bekerja dengan nyaman.

Kata Kunci : Sanitasi Dasar, Personal Hygiene
Daftar Pustaka 10 ( 1999-2011)


Ketersediaan

KTIKL.1594094 Mer GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 45 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this