No image available for this title

Text

Gambaran Perilaku Personal Hygiene Siswa Kelas IV dan Kelas V SDN 21 Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2015



Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah sekumpulan
perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Personal hygiene merupakan suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang baik fisik maupun psikisnya. Di SDN 21 Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan masih terdapat siswa yang memiliki perilaku personal hygiene yang masih kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Gambaran Perilaku Personal Hygiene Siswa Kelas IV dan Kelas V SDN 21 Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

Penelitian ini bersifat deskritif yaitu bertujuan untuk memperoleh gambaran perilaku personal hygiene siswa kelas IV dan kelas V SDN 21 Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas IV dan kelas V yang berjumlah 45 siswa. Data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan siswa kelas IV dan kelas V SDN 21 Kapuh dengan kuesioner.

Hasil penelitian dari 45 siswa yang diwawncarai diperoleh pengetahuan siswa rendah sebanyak 18 siswa dengan presentase sebesar 40%, sikap siswa kurang baik sebanyak 17 siswa dengan presentase sebesar 37,8%, dan tindakan siswa kurang baik sebanyak 16 siswa dengan presentase sebesar 35,6%, dan juga fasilitas sanitasinya seperti tempat sampah, tempat cuci tangan belum tersedia.

Disarankan kepada pihak pengelola SDN 21 Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan agar dapat lebih menfasilitasi, memberikan penyuluhan mengenai personal hygiene (kebersihan diri) kepada siswanya serta memberi bahan ajar kepada siswa-siswi tentang personal hygiene.


Ketersediaan

KTIKL.1503003 Tri GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 70 hlm.: 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this