Image of Asuhan Keperawatan Keluarga  Pada Balita Dengan Gizi Kurang Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Tahun 2021

Text

Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Balita Dengan Gizi Kurang Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Tahun 2021



Menurut data dari Puskesmas Andalas Tahun 2021 anak yang mengalami gizi kurang pada bulan januari 14 anak.Wilayah Kerja Puskesmas Andalas 11 kelurahan, dengan kunjungan anak yang mengalami gizi kurang tertingggi di Parak gadang Timur 4 orang anak.Gizi kurang dapat berdampak pada pertumbuhan dan pematangan organ yang terlambat, serta ukuran tubuh jauh lebih pendek.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan keluarga pada balita dengan gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang Tahun 2021.

Desain penelitian yang digunakan yaitu non eksperimental berbentuk studi kasus dengan pendekatan metode deskriptif.Penelitian dilakukan di Parak Gadang Timur Padang, dari bulan November sampai dengan bulan Juni 2021 waktu penelitian dilakukan selama 12 hari dari tanggal 19 April – 09 Mei 2021. Populasi 4 orang balita gizi kurang, sampel 1 orang didapatkan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan cara undian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,observasi dan pengukuran dengan intrumen format pengkajian keluarga. Data di analisa dengan membandingkan temuan pada kasus dengan teori.

Hasil penelitian didapatkan pengkajian An.Z sulit untuk makan, An.Z makan sehari-hari tidak menentu, Ny.D saat menyuapi An.Z lalu dikeluarkan kembali.Ny.D saat ini tengah mengandung 5 bulan An.Z sering rewel, Imunisasi yang didapatkan An.Z tidak lengkap.Saat menginginkan sesuatu An.Z hanya menunjuk saja.An.Z kurus, BB 73Kg. Diagnosa yang didapatkan, defisit nutrisi, resiko gangguan perkembangan, dan manajemen kesehatan keluarga tidak efektif.Menyusun rencana keperawata.Implemetasi yang dilakukan, memberikan edukasi kepada keluarga untuk membuat makanan yang bervariasi supaya An.Z memiliki nafsu makan yang meningkat dan memberikan edukasi kepada keluarga untuk sering mealtih An.Z untuk berbicara.Evaluasi yang didapatkan keluarga mampu merawat anak yang mengalami gizi kurang pada balita.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan informasi dalam mengembangkan program puskesmas di keluarga dengan balita yang mengalami gizi kurang serta keluarga menyadari pentingnya deteksi dini tumbuh kembang balita dengan melakukan pemantauan berat badan dan tinggi badan melalui posyandu balita.

Kata Kunci (Key Word) : Gizi Kurang, keluarga, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 36 (2010 – 2020 )


Ketersediaan

KTIKP.2131031 Jaa aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
031 Jaa a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 86 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this