Image of Perbedaan Pengetahuan Dan Kemampuan Siswa Memilih Jajanan Sehat Menggunakan Media Buku Saku Di SDN 46 Kuranji

Text

Perbedaan Pengetahuan Dan Kemampuan Siswa Memilih Jajanan Sehat Menggunakan Media Buku Saku Di SDN 46 Kuranji



Jajanan anak sekolah merupakan masalah yang perlu diperhatikan masyarakat, khususnya orang tua dan guru karena makanan jajanan ini sangat beresiko terhadap kesehatan, baik jangka pendek dengan terjadinya sakit perut, muntaber, keracunan maupun jangka panjang seperti kanker. Hasil survey BPOM menunjukan 99% anak sekolah membeli jajanan di sekolah. Jajanan yang dibeli belum diketahui keamanan dan kebersihannya, sehingga perlu strategi untuk mengetahui bagaimana cara memilih jajanan sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan kemampuan siswa memilih jajanan sehat menggunakan media buku saku di SDN 46 Kuranji.

Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan kuantitatif menggunakan Quasi Ekssperiment dengandesainone group pretest dan postest, dan pada penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus eksploratif. Penelitian dilakukan pada bulan Januari – Juni 2021. Populasi adalah siswa kelas V di SDN 46 Kuranji sebanyak 45 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Penelitian kualitatif menggunakan ahli desain grafis sebagai informan penelitian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner serta pedoman wawancara. Pengolahan data dilakukan secara komputerisasi dengan menggunakan program SPSS serta dianalisis secara univariat dan bivariate dengan uji paired t-test

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pengetahuan siswa sebelum dan sesudah dibagikan media buku saku adalah 3,53 dan 7,18, sedangkan rata-rata kemampuan siswa memilih jajanan sehat sebelum dan sesudah dibagikan media buku saku adalah 2,51 dan4,80. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan secara bermakna (p< 0,005) dan terdapat peningkatan kemampuan secara bermakna (p < 0,05).

Kesimpulan penelitian ini adalah adanya perbedaan pengetahuan siswa tentang jajanan sehat menggunakan buku saku. Saran penelitian ini adalah Media buku saku dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan kemampuan siswa dalam memilih jajanan sehat.

Daftar bacaan : 36 (2009-2021)

Kata Kunci : Jajanan sehat, Media Buku saku, Pengetahuan, Kemampuan,
Anak sekolah


Ketersediaan

SKRIPSIPK.2104004 Sya pRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
004 Sya p
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 76 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this