Image of Asuhan Keperawatan An. A Dengan Asma Bronchial Di Ruang Anak Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman Tahun 2019

Text

Asuhan Keperawatan An. A Dengan Asma Bronchial Di Ruang Anak Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman Tahun 2019



Asma Bronchial merupakan salah satu dari 5 penyakit terbanyak ditemukan di ruang anak RSUD pariaman sebanyak 44 kasus. Orang tua anak yang menderita penyakit asma tidak mengetahui tindakan penatalaksanaan untuk mengatasi atau memberikan pertolongan pertama terhadap anak apabila kambuh panyakit asmanya. Tujuan penelitian mendeskriptifkan asuhan keperawatan pada anak dengan asma bronchial di ruang anak rumah sakit umum daerah pariaman.

Desain penelitian dekriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan diruang anak rumah sakit umum daerah Pariaman dari bulan Januari 2019 sampai bulan Juni 2019. Waktu untuk studi kasus yaitu pada tanggal 20 Juni 2019 – 24 Juni 2019. Instrument pengumpulan data asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan. Populasi penelitian ini berjumlah 3 orang, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatklan 1 orang sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan esklusi.

Hasil penelitian didapatkan pasien sesak nafas, nafas pasien terengah-engah, batuk berdahak, dahak susah dikeluarkan, nafsu makan yang menurun. Diagnosis keperawatan ketidakefektifan bersihan jalan nafas, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, dan gangguan pola tidur. Hasil evaluasi yang dilakukan selama 5 hari dan semua masalah keperawatan dapat teratasi.

Melalui kepala RSUD Pariaman Tahun 2019 khususnya kepada perawat ruangan supaya dapat memberikan asuhan keperawatan tidak hanya berupa tindakan keperawatan, namun harus mampu berperan sebagai pendidik dengan memberikan asuhan keperawatan berupa penyuluhan tentang asma broncial terhadap pasien dan keluarga dan dalam evaluasi keperawatan hendaknya perawat menulis perkembangan pasien sesuai dengan kondisi

Kunci: Asuhan keperawatan, Penyakit Asma Bronchial.
Daftar pustaka: 12 (2008-2015)


Ketersediaan

KTIKP.19122122 Sya aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
122 Sya a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 52 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this