Image of Asuhan  Keperawatan Pada Pasien Dengan Apendiksitis Di Bangsal Bedah RSUD Pariaman

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Apendiksitis Di Bangsal Bedah RSUD Pariaman



Apendiksitis merupakan penyakit yang dapat terjadi pada usia produktif, didunia angka kejadian apendiksitis tahun tahun 2012 menunjukan bahwa penduduk dengan penghasilan kategori rendah terdapat kasus 9,55 dari 100.000 penduduk. Sedangkan tingkat pendapatan menengah bawah terdapat kasus dengan rasio 7,26 kasus dari 100.000 populasi pada tingkat penghasilan menengah atas terdapat rasio kasus 6,13 dari 100.000 penduduk. Sedangkan untuk kategori penghasilan tinggi terdapat kasus dengan rasio 3,6 dari 100.000 penduduk. Kasus apendiksitis di RSUD Pariaman Pada tahun 2017 terdapat sebanyak 87 kasus dan pada tahun 2018 terdapat 78 kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan apendiksitis di Bangsal Bedah RSUD Pariaman tahun 2019.

Desain penelitian deskriptif dengan pedekatan studi kasus. Penelitian ini di lakukan di Bangsal Bedah RSUD Pariaman dimulai dari November 2018 sampai Juni 2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang sesuai pada kriteria inklusi sehingga didapatkan 1 orang partisipan dengan apendiksitis. Instrumen pengumpulan data berupa tahapan proses keperawatan mulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan. Semua tahapan proses keperawatan dianalisa menggunakan konsep dan teori keperawatan pada pasien apendiksitis.

Hasil penelitian didapatkan masalah keperawatan yang muncul pada pasien yaitu pada pre: operasi nyeri akut, ansietas dan pada post operasi:, nyeri akut, resiko ienfeksi. Keempat diagnosis tersebut sebagian teratasi.

Melaui direktur RSUD Pariaman tahun 2019 khususnya kepada perawat ruangan supaya dapat memberikan asuhan keperawatan tidak hanya berupa tindakan keperawatan, namun harus mampu berperan sebagai pendidik dengan memberikan asuhan keperawatan berupa penyuluhan tentang apendiksitis terhadap pasien dan keluarga.

Kata kunci: Apendiksitis, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka: 23 (2009-2019)


Ketersediaan

KTIKP.19118118 Mul aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
118 Mul a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 75 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this