Image of Asuhan Keperawatan Pada Tn. A Dengan Stroke Hemoragik Di Ruang Rawat Inap Neurologi RSUD Pariaman

Text

Asuhan Keperawatan Pada Tn. A Dengan Stroke Hemoragik Di Ruang Rawat Inap Neurologi RSUD Pariaman



Stroke merupakan 10 besar penyakit terbanyak di Indonesia tahun 2017, prevalensi kasus stroke di Indonesia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan sebesar 7,0 per mill dan 12,1 per mill untuk yang terdiagnosis memiliki gejala stroke. Prevalensi penyakit stroke meningkat seiring bertambahnya umur, terlihat dari kasus stroke tertinggi yang terdiagnosis tenaga kesehatan adalah usia 75 tahun keatas (43,1%) dan terendah pada kelompok usia 15-24 tahun yaitu sebesar 0,2% (Riskesdas, 2017). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana asuhan keperawatan pada pasien stroke hemoragik di ruangan neurologi RSUD Pariaman tahun 2019.

Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di ruang neurologi RSUD Pariaman dari bulan Desember 2018 sampai bulan Mei 2019. Instrumen pengumpulan data asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan. Populasi dalam penelitian ini ada berjumlah 3 orang, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan 1 orang sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi.

Hasil penelitian didapatkan pasien dalam keadaan penurunan kesadaran, dan juga mengalami mual dan muntah sebanyak 3x di rumah sakit, diagnosis keperawatan ketidakefektifan bersihan jalan nafas berhubungan dengan sekresi yang tertahan, ketidakefektifan perfusi jaringan otak berhubungan hipertensi, Hambatan Mobilitas fisik berhubungan dengan gangguan neuromuskular

Disarankan pada Pimpinan RSUD Pariaman agar lebih dapat mengoptimalkan pemberian asuhan keperawatan pada pasien Stroke Hemoragik dan diharapkan kepada perawat agar dapat berperan sebagai pendidik dan konsultasi.

Kata Kunci : Stroke Hemoragik, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : (2013-2018)


Ketersediaan

KTIKP.19110110 Yan aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
110 Yan a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 50 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this