Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Hipertensi Di Ruang IV RS Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Hipertensi Di Ruang IV RS Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang



Hipertensi merupakan suatu gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah terhambat sampai jaringan yang membutuhkannya. Menurut catatan World Health Organization (WHO) di tahun 2018 sebesar 1 miliar orang di dunia. Data Medikal Recort Rumah Sakit TK.III dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2019 pasien yang mengalami Hipertensi sebanyak 228 orang. Untuk menurunkan angka kejadian Hipertensi maka diperlukan asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada Hipertensi di ruang IV RS Tk. III dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2020.

Jenis penelitiannya adalah kualitatif dengan desain studi kasus yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di ruang IV RS Tk. III dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2020. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Desember 2019 sampai bulan Juli 2020. Waktu pengambilan data tanggal 6 sampai 10 April 2020. Populasi penelitian ada 2 orang yang sesuai dengan kriteria inklusi dan esklusi hanya 1 orang sehingga peneliti mendapat sampel dengan cara sampling.

Hasil penelitian didapatkan pasien mengeluh sakit kepala, jantung berdebar-debar, pusing, mual, pasien mengatakan nafasnya sesak, kuduk terasa kaku, tidak bisa tidur, nafsu makan menurun, dan badan terasa lemah. Diagnosa keperawatan yaitu nyeri akut berhubungan dengan agen pencedera fisiologis. Penurunan curah jantung berhubungan dengan perubahan afterload (meningkat). Intoleransi aktivitas berhubungan dengan kelemahan, Obesitas berhubungan dengan sering memakan makanan yang berminyak atau berlemak. Implementasi keperawatan di lakukan sesuai dengan rencana keperawatan yaitu manajemen nyeri, dan manajemen, manajemen berat badan dan manajemen energi. Evaluasi keperawatan yang di dapatkan sesuai dengan SDKI yang di lakukan selama lima hari.

Diharapkan perawat dapat mempertahankan pemberian tehnik relaksasi untuk menurunkan nyeri dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien hipertensi.

Kata Kunci : Hipertensi, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka: 22 (2010-2019)


Ketersediaan

KTIKP.20142142 Zul aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
142 Zul a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 72 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this