Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Apendiksitis Di Rumah Sakit TK. III Dr. Reksodiwiryo Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Apendiksitis Di Rumah Sakit TK. III Dr. Reksodiwiryo Padang



Apendisitis merupakan penyakit yang dapat terjadi pada usia produktif, di dunia angka kejadian apendisitis tahun 2015 mencapai 510 juta kasus. Komplikasi utama apendisitis adalah perforasi apendik yang dapat berkembang menjadi peritonitis. Kasus apendisitis di Rumah Sakit TK.III Dr. Reksodiwiryo Padang Januari sampai dengan tanggal 20 Desember tercatat sebanyak 299 orang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien apendisitis di Rumah Sakit TK.III Dr. Reksodiwiryo Padang.

Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan studi kasusdi Rumah Sakit TK.III Dr. Reksodiwiryo Padang di mulai dari bulan Desember 2019 sampai dengan Juni 2020. Populasi pada penelitian ini yaitu semua pasien Appendisitis yang dirawat di ruang bedah Rumah Sakit TK III dr. Reksodiwiryo Padang pada saat penelitian. Metode pengambilan sampel yang digunakan purposif sampling pada 1 orang dari pasien apendiksitis yang dipilih yang sesuai kriteria inklusi. Cara pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi. Jenis pengumpulan data yaitu primer & sekunder. Analisa deskriptif dilakukan meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan.

Hasil penelitian didapatkan masalah keperawatan nyeri akut berhubungan dengan agen pencedera fisiologis (inflamasi), nausea berhubungan dengan distensi lambung, ansietas berhubungan dengan ancaman kematian, gangguan integritas kulit/jaringan berhubungan dengan faktor mekanik,nyeri akut berhubungan dengan agen pencedera fisik (operasi), defisit perawatan diri berhubungan dengan gangguan muskuloskeletal, evaluasi diagnosa nyeri akut teratasi hari kedua dan ketiga, evaluasi diagnosa nausea dan ansietas teratasi hari kedua, evaluasi diagnosa defisit perawatan diridan integritas kulit teratasi hari keempat.

Di sarankan bagi Instansi Rumah Sakit TK.III Dr. Reksodiwiryo melalui direktur rumah sakit diharapkan perawat ruangan dapat memberikan asuhan keperawatan secara optimal kepada pasien, khususnya pasien Apendiksitis (pre operasi maupun post operasi) dengan membuat standar operasional prosedur teknik relaksasi nafas dalam untuk mengurangi nyeri dalam menangani pasien yang mengalami nyeri post operasi. Dan juga pada kasus – kasus yang lainnya.

Kata Kunci : Apendisitis, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 15 (2012-2018)


Ketersediaan

KTIKP.20141141 Wah aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
141 Wah a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 63 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this