Image of Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Balita Dengan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang

Text

Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Balita Dengan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang



Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Berdasarkan data Litbangkes Kementrian Kesehatan RI pada tahun 2019, balita yang mengalami stunting terdapat 27,67% balita dengan stunting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui asuhan keperawatan keluarga pada balita dengan stunting di wilayah kerja Puskesmas Nanggalo Padang.

Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2019 sampai Mei 2020. Memakai desain penelitian non-eksperimental dengan pendekatan deskriptif berbentuk studi kasus. Sampel yang didapatkan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebanyak 9 orang balita dengan stunting, untuk menentukan 1 responden digunakan teknik Simple Random Simpling. Instrument pengumpulan data wawancara, observasi, studi dokumentasi, penelitian di lakukan pada An.F umur 2 tahun 9 bulan dengan stunting.

Hasil penelitian yang didapatkan adalah pada saat berumur 1 bulan, An.F sering lapar dan sudah diberi MPASI bubur pisang, sejak berusia 2 tahun sering demam dan diare. Saat pengkajian, suhu tubuh An.F 36,8C, tampak kurus dan pendek. Masalah yang di temukan pertama yaitu Manajemen kesehatan tidak efektif berhubungan Ketidakefekktifan pola perawatan kesehatan keluarga. Intervensensinya dengan cara melakukan penyuluhan kesehatan bersama anggota keluarga mengenai stunting. Penelitian yang dilakukan selama 12 kali kunjungan ini menunjukkan masalah mulai teratasi, yang terlihat pada pola perawatan keluarga terhadap balita sudah meningkat. Intervensi di lanjutkan petugas puskesmas sebagai tindak lanjut penelitian. Penelitian ini di harapkan dapat menjadi tambahan informasi dalam mengembangkan program puskesmas di keluarga pada balita stunting dan meningkatkan mutu pelayanan komunitas atau lapangan, dengan cara meningkatkan pengetahuan keluarga dengan memberikan penyuluhan di masyarakat terhadap bahaya dari stunting.

Kata Kunci (Key Word) : Stunting, keluarga, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : (2010-2020)


Ketersediaan

KTIKP.20140140 Sed aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
140 Sed a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 90 hlm.; 20,5 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this