Image of Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Kota Padang

Text

Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Kota Padang



Diabetes melitus merupakan salah satu dari empat jenis penyakit tidak menular utama menurut WHO laporan statistic dari Internasional Diabetes Federation (IDF) mengatakan, ada sekitar 463 juta penderita diabetets melitus tahun 2019 di dunia. Data dari Dinas Kesehatan Kota Padang tahun 2018 mengatakan bahwa kunjungan diabetes melitus di Puskesmas Nanggalo dengan 2580 kasus. Tujuan penelitian ini adalah Mampu melakukan Asuhan Keperawatan keluarga dengan Diabetes Melitus di Puskesmas Nanggalo Kota Padang Tahun 2020. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi 35 orang kunjungan diabetes melitus dengan sampel 1 responden yaitu Bapak S. Hasil pengkajian didapatkan tiga diagnosis keperawatan yaitu Manajemen kesehatan tidak efektif berhubungan dengan ketidakefektifan pola perawatan kesehatan keluarga. Ketidakstabilan kadar glukosa darah berhubungan dengan restensi insulin. Resiko infeksi berhubungan dengan penyakit diabetes mellitus. Dilakukan skoring untuk menetukan diagnosis yang menjadi prioritas masalah. Setelah itu dirumuskan intervensi sesuai 5 TUK dan dilakukan implementasi lalu didapatkan evaluasi keperawatan dan dilakukan dokumentasi.

Melalui pimpinan Puskesmas Nanggalo studi kasus ini dapat digunakan sebagai tambahan informasi dalam mengembangkan program Puskesmas di keluarga dengan diabetes melitus seperti pelayanan kesehatan sesuai rencana, memantau keteraturan kontrol gula darah dan berobat janga panjang serta pemberian asuhan di rumah.


Kata Kunci : Diabetes Melitus, Keluarga, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 19 (2009-2019)


Ketersediaan

KTIKP.20134134 Sya aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
134 Sya a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 156 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this