Image of Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien Dengan Halusinasi Di Rumah Sakit Jiwa Puti Bungsu Padang

Text

Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien Dengan Halusinasi Di Rumah Sakit Jiwa Puti Bungsu Padang



WHO 2016 menyebutkan bahwa terdapat sekitar 35 juta orang terkena depresi, 60 juta terkena bipolar, 21 juta terkena skizofrenia dan 47,5 juta terkena dimensia.Berdasarkan data Riskesdas (2018) terlihat bahwa prevelensi gangguan jiwa berat seperti skizofrenia mencapai sekitar 282.654 orang. Adapun prevelensi gangguan jiwa berat pada provinsi Sumatra Barat yaitu 5.184 orang atau dengan persentase 9,1%. Dibandingkan dengan hasil data Rikesdas (2013) Sumatra Barat dengan persentase 1,9% didapatkan perbandingan angka kejadian gangguan jiwa berat mengalami kenaikan sebesar 7,2%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menerapkan asuhan keperawatan pada pasien gangguan iwa dengan halusinasi di Ruangan Dahlia RSJ Puti Bungsu Padang tahun 2020.

Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dalam bentuk deskritif. Penelitian dilakukan pada 1 partisipan di Ruang Ruangan Dahlia RSJ Puti Bungsu Padang. Penyusunan dilakukan dari bulan januari sampai Juni 2020 dengan waktu penelitian 7 hari. Analisa terhadap proses keperawatan yang peneliti lakukan meliputi: pengkajian, diagnose, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan dibandingkan dengan teori.

Hasil pengkajian didapatkan keluhan utama mendengar suara-suara yang tidak berwujud, melihat bayang-bayangan yang tidak jelas, suka menyendiri di sudut ruangan dan kurang berinteraksi. Diagnosa keperawatan yang didapatkan yaitu halusinasi, isolasi sosial dan resiko perilaku kekerasan. Rencana keperawatan jiwa yang dilaksanakan sudah terstandar, semua rencana tindakan keperawatan jiwa dapat dilaksanakan pada implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan terhadap diagnosa keperawatan yang ditemukan dapat teratasi.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagi perawat di ruangan Dahlia Rumah Sakit Jiwa Puti Bungsu Padang dalam melakukan usaha keperawatan dan memaksimalkan implementasi yang dilakukan.

Kata kunci : (key word) : halusinasi, asuhan keperawatan
Daftar pustaka : 18 (2008-2018)


Ketersediaan

KTIKP.20127127 Sar aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
127 Sar a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 74 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this