Image of Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Penyakit Kulit Di Pondok Pesantren Al-Falah Kota Padang Tahun 2021

Text

Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Penyakit Kulit Di Pondok Pesantren Al-Falah Kota Padang Tahun 2021



Personal Hygiene merupakan suatu tindakan yang dilakukan individu dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan individu agar terhindar dari berbagai penyakit kulit. Penyakit kulit merupakan suatu gangguan yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan reaksi alergi, kurangnya kebersihan diri merupakan salah satu faktor yang berperan dalam timbulnya penyakit kulit. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan personal hygiene dengan kejadian penyakit kulit di pondok pesantren Al-Falah Kota Padang Tahun 2021.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian yaitu 619 santri dengan jumlah sampel sebanyak 86 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara menggunakan kuesioner kemudian analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan 66,3% santri yang mengalami penyakit kulit seperti skabies, kurap, panu, bisul dan gatal-gatal biasa, 64,0% santri memiliki personal hygiene kurang baik. Hasil bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara personal hygiene (p value = 0,004 dan PR = 4,351) dengan kejadian penyakit kulit pada santri di Pondok Pesantren Al-Falah Kota Padang Tahun 2021.

Diharapkan kepada Pondok Pesantren Al-Falah agar dapat memantau kesehatan para santri, mengoptimalkan pengelolaan UKS di pesantren, seperti pengadaan obat dan melakukan kerja sama dengan pihak Puskesmas Ikur Koto dalam pelaksanaannya dan untuk santri di pondok pesantren Al-Falah perlu meningkatkan kebersihan diri seperti tidak bergantian memakai handuk dengan santri lainnya, tidak bertukar pakaian dengan santri lain, menjaga kebersihan tempat tidur, menganti pakaian minimal 2 kali, mandi 2 kali sehari, menjemur pakaian, handuk, dan sprei dibawah sinar matahari, serta meluangkan waktu untuk menjemur kasur dalam waktu seminggu sekali dibawah terik matahari agar terhindar penyakit kulit.

Daftar Bacaan : 50 (2000-2020)
Kata Kunci: (Personal Hygiene, Penyakit Kulit)


Ketersediaan

SKRIPSIKL.2106006 Sta hRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
006 Sta h
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 64 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this