Image of Studi Deskriptif Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Petugas Pengangkut Sampah Kota Padang Tahun 2021

Text

Studi Deskriptif Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Petugas Pengangkut Sampah Kota Padang Tahun 2021



Masalah perilaku penggunaan alat pelindung diri pada petugas pengangkut sampah pengangkutan sampah Kota Padang, Sampah yang diangkut oleh petugas pengangkut sampah memiliki resiko bahaya yang dapat mengakibatkan kecelakaan bagi petugas pengangkut sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku penggunaan alat pelindung diri bagi petugas pengangkut sampah Kota Padang tahun 2021.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dilakukan pada bulan Mei-Juni 2021. Seluruh petugas pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang. Jumlah populasi 141 orang, Jumlah Sampel sebanyak 58 orang, Teknik Pengumpulan Data, data Primer diperoleh langsung dengan menggunakan kuesioner mengenai pengetahuan sikap sedangkan Tindakan petugas dalam pemakaian APD menggunakan Checklist dan data Sekunder didapat dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang berupa data jumlah petugas pengangkut sampah, jenis kendaraan yang digunakan untuk mengangkut sampah, dan jumlah timbulan sampah di Kota Padang. Instrumen penelitian diambil dengan cara menggunakan Kuesioner, Pengolahan data, dianalisa secara univariat.

Hasil penelitian yang didapatkan petugas pengangkut sampah, 56,9% responden memiliki tingkat Pendidikan yang rendah, lebih dari separuh tingkat pengetahuan responden dalam penggunaan alat pelindung diri tergolong rendah 53,4%, sikap responden dalam penggunaan alat pelindung diri dengan kategori positif 60,3%, dan tindakan responden dalam penggunaan alat pelindung diri dengan kategori buruk 70,7%.

Disarankan agar Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang agar memperhatikan tentang pengadaan dan penggunaan alat pelindung diri berupa helm/topi, masker, sarung tangan, sepatu karet, dan pakaian kerja bagi petugas pengangkut sampah. Petugas pengangkut sampah dapat mengikuti prosedur kerja yang ada.

Kata Kunci : Perilaku, petugas sampah, APD
Daftar Pustaka :20 (1970-2020)


Ketersediaan

KTIKL.2165065 Rob sRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
065 Rob s
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 39 hlm.; 21,5 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this