Image of Gambaran Hygiene Sanitasi Rumah Makan Di Kota Solok Tahun 2021

Text

Gambaran Hygiene Sanitasi Rumah Makan Di Kota Solok Tahun 2021



Hygiene Sanitasi makanan adalah upaya untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan.Dari survey awal yang penulis lakukan, di beberapa rumah makan di Kota Solok, para pengelola rumah makan masih banyak yang kurang memperhatikan kecukupan jumlah toilet, tempat cuci tangan yang tidak tersedia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran hygiene sanitasi rumah makan di Kota Solok tahun 2021.

Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif karena hanya menggambarkan hygienesanitasi pada rumah makan di Kota Solok tahun 2021. Penelitian dilaksanakan pada Rumah Makan di Kota Solok. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Juni 2021. Populasi penelitian ini adalah 58 Rumah Makan dan Restoran di Kota Solok dengan sampel sebanyak 5 Rumah Makan. Data diperoleh primer dikumpulkan oleh peneliti dengan cara oservasi denganmenggunakan SIT dan data sekunder diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Solok.

Hasil penelitian didapatkan bahwa hygiene sanitasi rumah makan di Kota Solok sudah memenuhi persyaratan secara total skor, tetapi didlihat per itemnya yaitu Lokasi dang bangunan, Fasilitas Sanitasi, dan 6 Prinsip Hygiene Sanitasi Rumah Makan . Fasilitas Sanitasi di semua Rumah Makan di Kota Solok belum memenuhi persyaratan.

Diharapkan kepada pemilik rumah makan menyediakan tempat cuci tangan disertai dengan sabun, tempat cuci peralatan yang terdiri dari 3 bilik ( mengguyur, menyabun, membilas), rumah makan harus memasang kawat kassa dan terali pada ventilasi agar bebas dari tikus dan serangga, dan menutup tandon air agar terhindar dari jentik nyamuk.

Kata kunci :“Sanitasi, Rumah Makan, Hygiene Sanitasi Rumah Makan”
Daftar Pustaka:15 (2003-2020)


Ketersediaan

KTIKL.2144044 Alh gRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
044 Alh g
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 89 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this