Image of Pemanfaatan Urine Sapi Sebagai Aktivator Kompos Dalam Pengomposan Berbahan Dasar Ampas Tebu

Text

Pemanfaatan Urine Sapi Sebagai Aktivator Kompos Dalam Pengomposan Berbahan Dasar Ampas Tebu



Di kecamatan Matur terdapat banyak kilang tebu tradisional ini, yang mana dari proses produksi gula merah ini menghasilkan limbah organik yaitu berupa urine dan kotoran sapi serta ampas tebu. Urine sapi dan kotoran sapi yang dihasilkan oleh sapi yang menggerakkan mesin pemerah tebu jarang dibersihkan dan dibiarkan menumpuk begitu saja di tempat pemerahan tebu tersebut. Padahal urine sapi dapat dimanfaatkan sebagai aktivator kompos. Kemudian Ampas tebu yang dihasilkan berupa limbah hanya dimanfaatkan sebagian saja sebagai bahan bakar proses produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lama waktu pengomposan ampas tebu dengan penambahan urine sapi sebagai aktivator kompos.

Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu melihat proses pengomposan dari ampas tebu dan ditambahkan aktivator urine sapi dengan volume yang berbeda setiap perlakuan (50 ml, 100 ml, 150 ml, 200 ml, dan kontrol). Objek penelitian yaitu ampas tebu dan aktivator urine sapi. Data disajikan secara deskriptif untuk melihat kualitas fisik dari kompos dan mengamati lama waktu pengomposan.

Hasil penelitian ini adalah lama waktu yang dibutuhkan untuk pengomposan paling cepat yaitu 21 hari pada sampel 2 perlakuan D (200 ml), yang paling lambat yaitu 32 hari pada sampel 2 dan 3 perlakuan E (kontrol). Dengan suhu pengomposan berkisar antara 31 0C – 35 0C, kelembaban rata-rata 50 % - 60 %, dan pH berkisar antara 6 – 7.

Berdasarkan penelitian ini, pengomposan dengan menggunakan ampas tebu dan aktivator urine sapi ini membutuhkan waktu selama 2 minggu sampai satu bulan yang dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban. Dan sebaiknya pemilik kilang tebu tradisional ini memanfaatkan ampas tebu menjadi kompos, selain mengurangi sumber penyakit, kompos ampas tebu juga bernilai ekonomis.

Kata Kunci : kompos, ampas tebu, aktivator urine sapi
Daftar Pustaka : 31 (2004 – 2019)


Ketersediaan

KTIKL.2142042 Fir pRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
042 Fir p
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xvi, 45 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this