Image of Gambaran Sanitasi Cafe Di Kawasan Pantai Purus Kota Padang Tahun 2021

Text

Gambaran Sanitasi Cafe Di Kawasan Pantai Purus Kota Padang Tahun 2021



Permasalahan sanitasi Cafe di Kawasan Pantai Purus Kota Padang adalah pada penanganan sampah tidak memenuhi syarat yaitu tidak tersedianya pengumpul sampah disetiap ruang penghasil sampah, tempat sampah tidak kuat, tidak tahan karat, tidak kedap air, tidak tertutup, sampah tidak terpilah, dan pada pengendalian serangga juga tidak memenuhi syarat yaitu tidak dipasang kawat kasa serangga dan tidak dipasang terali tikus pada Cafe. Buruknya sanitasi pada Cafe menyebabkan makanan tercemar bahan-bahan beracun yang dapat mengganggu dan merusak kesehatan.Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui sanitasi Cafe di Kawasan Pantai Purus Kota Padang Tahun 2021.

Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode pendekatan waktu cross sectional. Sampel penelitian ini adalah Cafe yang berada di sepanjang Pantai Purus Kota Padang sebanyak 38 sampel Cafe. Penelitian dilaksanakan dari bulan Januari-Mei 2021. Data Primer diperoleh langsung mendatangi Cafe melalui wawancara dan observasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan didapatkan hasil kualitas fisik dan kuantitas air bersih sudah memenuhi syarat (100%), penanganan sampah tidak memenuhi syarat (94,7%), kondisi bahan baku, produk dan wadah/peralatan sudah memenuhi syarat (100%), dan pengendalian serangga tidak memenuhi syarat (92,1%).

Sanitasi Cafe secara keseluruhan yaitu 5 variabel didapatkan hasil tidak memenuhi syarat (63,1%). Maka perlu dilakukan pengawasan berkala terhadap Cafe tentang sumber air bersih, tempat sampah, pengendalian serangga dan ketersediaan lahar parkir serta adanya kerjasama lintas sektor dalam penyediaan air bersih, menggunakan tempat sampah yang kuat, tahan karat, menggunakan tutup dan dilapisi plastik sehingga tidak terjadinya pencemaran makanan.


Kata Kunci : Sanitasi Cafe, Pantai Purus
Daftar Pustaka: (2003-2020)


Ketersediaan

KTIKL.2138038 Dah gRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
038 Dah g
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xv, 52 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this