Image of Gambaran Pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Murid SDN 06 Pandam Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman Tahun 2021

Text

Gambaran Pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Murid SDN 06 Pandam Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman Tahun 2021



PHBS disekolah kini terasa semakin krusial mengingat anak-anak akan segera kembali bersekolah di masa new normal pandemi virus corona terutama penerapan Cuci Tangan Pakai Sabun belum diterapkan secara menyeluruh. Maka dibutuhkan pengetahuan yang tinggi dari mereka bahwa pentingnya pengetahuan cuci tangan pakai sabun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yang ingin memperoleh gambaran pengetahuan, tindakan, sarana dan upaya cuci tangan pakai sabun (CTPS) SDN 06 Pandam Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman Tahun 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 sampel.

Hasil penelitian yang didapatkan diketahui 65,7% murid kelas IV, V, dan VI di SDN 06 Pandam memiliki pengetahuan rendah tentang CTPS, diketahui 58,2% murid kelas IV, V, dan VI di SDN 06 Pandam memiliki tindakan yang buruk, diketahui menurut murid 62,7% rendahnya upaya yang dilakukan guru, diketahui sarana cuci tangan yang tidak mencukupi untuk setiap kelas .

Guna meningkat perilaku CTPS pada siswa diharapkan pihak sekolah menambah sarana CTPS dan guru-guru diharapkan bisa mengaplikasikan perilaku CTPS disekolah agar bisa menjadi contoh bagi murid.

Kata kunci : Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengetahuan, Tindakan, Murid
Daftar Bacaan : 16 (2010-2020)


Ketersediaan

KTIKL.2135035 Zul gRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
035 Zul g
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 32 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this