Image of Gambaran Kualitas BOD COD Dan pH Air Limbah Cair PT. Kencana Sawit Indonesia Di Kabupaten Solok Selatan Tahun 2021

Text

Gambaran Kualitas BOD COD Dan pH Air Limbah Cair PT. Kencana Sawit Indonesia Di Kabupaten Solok Selatan Tahun 2021



Seiring dengan meningkatnya peran industri pengolahan kelapa sawit dalam perkembangan agroindustri di indonesia, meningkat pula masalah pencemaran yang ditimbulkannya. Pencemaran yang ditimbulkan oleh limbah pabrik minyak kelapa sawit dapat menurunkan kualitas lingkungan perairan yang secara tidak langsung akan berbahaya bagi lingkungandan kesehatan manusia. Hal ini disebabkan air limbah pabrik minyak kelapa sawit mempunyai kandungan bahan organik yang tinggi dengan BOD, COD dan pH, mengandung lemak/minyak, serta padatan tersuspensi dan terlarut lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pemeriksaan BOD, COD dan pH Air Limbah PT Kencana Sawit Indonesia Di Kabupaten Solok Selatan Tahun 2021.

Jenis penelitian ini adalah survey yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah air limbah PT. kencana Sawit Indonesia. Instrument penelitian ini adalah sampel air limbah yang diambil dari setiap kolam limbah cair yang ada di PT. Kencana Sawit Indonesia dan dilakukan pemeriksaan BOD, COD dan pH Air Limbah PT Kencana Sawit Indonesia di UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatra Barat.

Hasil pengukuran parameter BOD terhadap air limbah PT.Kencana Sawit Indonesia 20,8 mg/L, hasil pengukuran untuk parameter COD yaitu 97,8 mg/L dan untuk parameter pH yang diukur menggunakan pH meter digital diperoleh hasil 7,82. Hasil ini tidak melebihi baku mutu yang telah ditetapkan KepMenLH RI no.5 tahun 2014.

Diharapkan kepada pihak pengelola air limbah PT. Kencana Sawit Indonesia selalu mengolah air limbahnya sesuai tahap-tahap pengelolaan yang benar sehingga kadar pH air limbah selalu berada dibawah batas maksimal baku mutu yang telah ditetapkan (KepMenLH RI no.5 tahun 2014), dan diharapakan dalam pengolahan air limbah PT. Kencana sawit Indonesia untuk lebih mengolah dengan baik air limbahnya supaya hasil dari proses akhir pengolahan air limbah yang dihasilkan tidak berbau lagi.

Kata Kunci : Kualitas Air Limbah
DaftarPustaka : 18 (2001-2019)


Ketersediaan

KTIKL.2131031 Akb gRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
031 Akb g
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 49 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this