Image of Literatur Review Asuhan Keperawatan Pada Pasien Cedera Kepala Berat

Text

Literatur Review Asuhan Keperawatan Pada Pasien Cedera Kepala Berat



Liwa Unnasari

Literatur Review Asuhan Keperawatan Pada Pasien Cedera Kepala Berat
Isi: xi + 95 halaman + 3 Tabel + 5 Lampiran

ABSTRAK

Menurut Nasional Data and Statistic Center (Amerika) per bulan Maret tahun 2020, terdapat kejadian cedera kepala sebanyak 18,126 kasus.Angka kematian akibat cedera kepala terjadi sebanyak 50.000 kasus per 100.000 penduduk.Riskesdas (2018), proporsi cedera kepala di Indonesia terjadi sebanyak 11,9 %. Sumatera Barat berada di posisi ke delapan dengan persentase kurang lebih 14 %.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis asuhan keperawatan pada pasien cedera kepala berat.
Metode penelitian adalah deskriptif dalam bentuk literature review dengan pendekatan analisis kasus. Penelitian dilakukan dari Desember 2020- Juni 2021.Populasi adalah KTI dengan judul asuhan keperawatan pada pasien dengan cedera kepala dengan kasus cedera kepala berat5 buah.Sampel sebanyak 3 KTI yang diambil dengan cara purposive sampling.
Hasil penelitian didapatkan pada keluhan utama yaitu penurunan kesadaran, muntah darah, perdarahan telinga dan hidung dengan diagnosa keperawatan ketidakefektifan pola napas/ pola napas tidak efektif, ketidakefektifan bersihan jalan napas, resiko ketidakefektifan perfusi jaringan otak, hipertermi, penurunan kapasitas adaptif intrakranial, perfusi perifer tidak efektif, dan.Intervensi yang dilakukan antara lain terapi oksigen, monitor status pernapasan,manajemen jalan napas, penghisapan lendir pada jalan napas,manajemen syok, monitor peningkatan TIK, manajemen demam, manajemen edema serebral, peningkatan perfusi serebral, perawatan sirkulasi, manajemen asam basa. Masalah keperawatan yang teratasi yaitu perfusi perifer tidak efektif.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbandingan dan bahan untuk penulisan selanjutnya tentang cedera kepala berat.

Kata Kunci: Asuhan keperawatan, cedera kepala.
Daftar Pustaka: 34 (2010-2020)


Ketersediaan

KTIKP.2149049 Liw LKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
049 Liw L
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
Xi + 95 hlm; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this