Image of Asuhan Keperawatan Pada Ny. W Dengan Hiperemis Gravidarum Di Ruangan Kebidanan RSUD Dr. Rasidin Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Pada Ny. W Dengan Hiperemis Gravidarum Di Ruangan Kebidanan RSUD Dr. Rasidin Padang Tahun 2020



Hiperemis Gravidum Merupakan mual muntah yang berlebih yang terjadi pada awal kehamilan sampai kehamilan 20 minggu. Dampak pada ibu yaitu dehidrasi berat, gangguan elektrolit sampai dengan penurunan kesadaran. Selain itu, HEG juga berdampak pada janin Yaitu BBLR, lahir premature, pertumbuhan janin terlambat bahkan beresiko abortus. Berdasarkan data didapatkan pada bulan Oktober- Desember tahun 2019 terdapat 28 pasien HEG di RSUD Dr Rasidin Padang . Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan asuhan keperawtan pada ibu hamil dengan hiperemis gravindarum di Ruangan dr. Rasidin Padang.

Desain Peneltian deskripsi dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan kasus tanggal 8-12 Maret 2020 di ruangan Kebidanan RSUD dr. Rasisin Padang Populasi penelitan dua orang ibu hamil yang engalami HEG dengan sampel satu partisipan menggunakan metode purose sampling. Teknik pengumpulan data di lakukan meliputi wawancara, observasi dan pengukuran. Analisa data dengan perbandingan hasil asuhan keperawatan dengan teori dan penelitian sebelumnya.

Hasil penelitian pada Ny. W dengan keluhan uatama yaitu mual dan muntah, tidak nafsumakan dengan penurunan berat badan. Diagnosa keperawatan utama yaitu nausea berhubungan dengan berat kehamilan, Rencanan keperawatan yaitu manjemen mual. Implementasi yang dilakukan adalah melakukan pemantauan mual dan muntah dan memberikan informasi cara mengatasi mual dengan non farmakologi sehingga mampu meningkatkan nafsu makan. Masalah teratasi sebgaian pada hari keempat dimana. Ny.W sudah tidak mengalami muntah dan porsi makan sudah ½ porsi makan sudah mulai berkurang, nafsu makan mulai meningkay=t, tidak tampak pucat dan tampak bertenaga.

Penelitian yang dilakukan selam 5 kali kunjungan ini menunjukan masalah deficit nutrisi teratasi dan asupan makanan yang meningkat. Penelitian ini diharapka dapat menjadi tambahan informasi dalam pengembangan program kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada ibu hamil yang mengalami HEG di Ruang Kebidanan RSUD dr. RAsidin Padang.

Kata Kunci : Hipertensi Gravindarum, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka: 33 (2009-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2072072 Sep AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
072 Sep A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this