Image of Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Nutrisi Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di Ruang IRNA Non Bedah Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Nutrisi Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di Ruang IRNA Non Bedah Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020



Kebutuhan nutrisi merupakan kebutuhan dasar fisiologis bagi manusia yang tidak bisa terlepas dari banyak faktor yang mempengaruhinya, serta implikasinya terhadap kebutuhan dasar lain apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi. Masalah-masalah yang timbul akibat gangguan pemenuhan nutrisi salah satunya diabetes melitus. Berdasarkan survey awal pada 30 Desember 2019 di ruang IRNA Non Bedah Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang ditemukan 3 orang pasien dengan kadar gula darah tidak terkontrol, pasien tidak dapat mengontrol pola makan, tidak mengetahui pola makan sesuai diit dan tidak menghabiskan diit yang dianjurkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana gambaran asuhan keperawatan gangguan pemenuhan nutrisi pada pasien diabetes melitus tipe II.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus dengan 1 orang sampel. Populasi DM tipe II didapatkan sebanyak 5 orang pada tanggal 10 Februari 2020 dengan pengambilan sampel yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 3 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple ramdom sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, pengukuran, pemeriksaan fisik, analisa data dan studi dokumentasi.
Hasil pengkajian pada kasus ditemukan keluhan yakni mual, muntah, letih dan penurunan nafsu makan. Diagnosa yang diangkat yaitu defisit nutrisi. Rencana keperawatan sesuai dengan SLKI dan SIKI yang telah ditentukan, serta berpedoman dengan prinsip empat pilar penatalaksanaan diabetes melitus salah satunya mengenai diit diabetes. Implementasi yang dilakukan yakni memberikan diit pengganti dengan makanan indeks glikemik rendah. Evaluasi dari tindakan yang dilakukan sampai hari kelima menunjukkan masalah teratasi ditandai dengan keluhan lelah dan mual berkurang dan adanya peningkatan berat badan secara bertahap.
Diharapkan kepada perawat di ruang IRNA Non Bedah Wanita saat memberikan asuhan keperawatan untuk lebih memperhatikan pola diit DM selama dirawat, melakukan pendidikan kesehatan terkait diit dengan IG rendah, serta mengukur IMT secara berkala terkait nutrisi pada pasien diabetes melitus tipe II.
Kata Kunci : Nutrisi, Diabetes Melitus, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 30 (2009 - 2019)


Ketersediaan

KTIKP.2046046 Der AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
046 Der A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 79 hlm.: 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this