Image of Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Ibu Hamil Dengan Anemia Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Ibu Hamil Dengan Anemia Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2020



Anemia pada ibu hamil adalah kondisi dimana sel darah merah menurun, sehingga kapasitas daya angkut oksigen untuk kebutuhan organ-organ vital dan janin semakin berkurang. WHO memperkirakan bahwa 35 – 75% ibu hamil di negara berkembang dan 18% di negara maju mengalami anemia. Di Indonesia sendiri prevalensi ibu hamil dengan anemia mengalami kenaikan dari 37,1% pada 2013 menjadi 48,9% di tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan asuhan keperawatan keluarga pada ibu hamil dengan anemia di wilayah kerja Puskesmas Andalas.

Penelitian ini dilakukan di Parak Salai Kecamatan Padang Timur pada 17 Februari Sampai 10 Maret 2020. Memakai desain penelitian non-eksperimental dengan pendekatan deskriptif berbentuk study kasus. Sampel yang didapat sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebanyak 5 orang ibu hamil dengan anemia, untuk menentukan 1 responden digunakan teknik Simple Random Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibu R terlihat pucat dan lemah, Ibu R tidak mengetahui masalah yang telah dialami nya selama kehamilan dan Ibu R juga telat memeriksa kehamilannya ke fasilitas kesehatan, Ibu R telat mengkonsumsi tablet Fe yang telah memasuki usia kehamilan 6 bulan, serta suka mengonsumsi makanan makanan siap saji, dan malas mengkonsumsi sayur-sayuran hijau. Masalah yang ditemukan adalah perfusi ferifer tidak efektif, pemeliharaan kesehatan tidak efektif dan resiko cidera pada ibu. Rencana keperawatan yang dilakukan sesuai dengan teori, salah satunya penyuluhan tentang penggunaan tablet Fe untuk menambah sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke organ- organ vital dan janin pada penderita anemia.

Disimpulkan setelah dilaksanakan 12 kali kunjungan menunjukkan masalah mulai teratasi terlihat dari pemeriksaan Hb yang mulai meningkat. Intervensi di lanjutkan petugas puskesmas sebagai tindak lanjut penelitian. Saran terkait penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi keluarga dalam mengatasi masalah anemia dalam kehamilan serta menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi zat tinggi besi dan rutin mengonsumsi tablet tambah darah, dan sebagai tambahan informasi dalam mengembangkan program puskesmas di keluarga pada ibu hamil dengan anemia dan meningkatkan mutu pelayanan komunitas atau lapangan.
Kata Kunci : Anemia, Ibu Hamil, Keluarga, Asuhan Keperawatan
Daftar Bacaan : 21 (2010 – 2020)


Ketersediaan

KTIKP.2053053 Feb AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
053 Feb A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 102 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this