Image of Asuhan Keperawatan Pada Ny. R Dengan Post Op Ca Colon Di Ruang Irna Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Pada Ny. R Dengan Post Op Ca Colon Di Ruang Irna Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020



Kanker kolon merupakan salah satu kanker yang umum terjadi bila dibandingkan dengan kanker usus kecil. Kanker ini mengacu pada malignasi kolon. Kanker menyebar secara invasif langsung dan melalui sistem limfe serta aliran darah (Diyono&Mulyanti, 2013). Kanker kolon menempati posisi ke-2 terbanyak pada pria di Indonesia, berada di bawah kanker paru di urutan pertama.Kanker kolon menempati urutan ke-3 pada wanita, di bawah kanker payudara dan kanker rahim (Mulansari, 2018). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana asuhan keperawatan pada pasien dengan Ca Colon di ruang Irna Bedah RSUP Dr. M Djamil Padang tahun 2020.
Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan dari bulan Desember 2019 sampai bulan Juni 2020. Peneliti melakukan asuhan keperawatan pada tanggal 26, 28, 29 Februari 2020, 01, 02 Maret 2020. Cara pengambilan sampel dengan cara teknik simple random sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Didapatkan populasi 4 orang pasien dengan sampel 3 orang pasien sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Lalu dari 3 orang sampel tersebut dipilih 1 orang dengan cara lot. Instrumen pengumpulan dan asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan.
Hasil penelitian didapatkan diagnosa keperawatan ada 5 masalah diantaranya nyeri akut berhubungan dengan agen pencedera fisik, defisit nutrisi berhubungan dengan ketidakmampuan mengabsorbsi nutrien, gangguan pola tidur berhubungan dengan nyeri, ansietas berhubungan dengan ancaman terhadap kematian, dan gangguan integritas kulit/jaringan berhubungan dengan perubahan sirkulasi.. Tindakan utama yang diberikan adalah managemen nyeri, pemberian analgetik, monitor tanda-tanda vital, manajemen nutrisi(input output), monitor pola aktivitas dan tidur, melakukan perawatan luka kolostomy. . Hasil evaluasi selama 5 hari dalam bentuk SOAP pada masalah keperawatan nyeri akut, ansietas, gangguan integritas kulit/jaringan sudah teratasi pada hari kelima, masalah keperawatan ansietas, gangguan pola tidur teratasi pada hari ke empat.

Melalui pimpinan RSUP Dr. M. Djamil Padang khususnya perawat ruangan agar lebih sering menggunakan teknik relaksasi napas dalam untuk mengatasi cemas (ansietas) disetiap pemberian asuhan keperawatan pada pasien kanker kolon sesuai dengan hasil penelitian Sakiyan tentang Tindakan Nafas Dalam Untuk Mengatasi Rasa Sakit Dan Kecemasan Pada Pasien Kanker Kolon Di RSU Banyumas Tahun 2018 untuk menjadi salah satu asuhan keperawatan yaitu teknik non farmakologis yang membantu proses kesembuhan pasien terutama dalam mengatasi cemas pasien.

Kata Kunci : Ca Colon, Teknik Napas Dalam dan Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 18 (2009-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2052052 Fel AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
052 Fel A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 702 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this