Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Mioma Uteri Di RSUP DR. M. Djamil  Kota Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Mioma Uteri Di RSUP DR. M. Djamil Kota Padang Tahun 2020



Mioma uteri merupakan suatu tumor jinak berbatas tegas tidak berkapsul yang berasal dari lapisan tengah rahim (miometrium), dampak pada pasien yaitu pembengkakan dan nyeri pada perut, anemia karna perdarahan hebat, masalah pada saluran kemih dan sulit memiliki anak. Kejadian Mioma Uteri yang didapat dari Rekam Medis (RM) RSUP DR.M.Djamil tahun 2020 penderita mioma uteri yang rawat inap dan rawat jalan total sebanyak 332 orang. Penelitian ini betujuan untuk mendekripsikan asuhan keperawatan pada pasien mioma uteri di RSUP DR.M.Djamil Padang

Desain penelitian yang digunakan dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Penelitian dilakukan di RSUP DR.M.Djamil Padang pada 1 partisipan yaitu Ny.H berdasarkan kasus pemicu yang diberikan. Asuhan keperawatan dilakukan mulai dari pengkajian sampai diagnosis keperawatan. Implementasi dan evaluasi lebih ditekankan pada pendekatan secara literatur. Analisis dilakukan dengan membandingkan proses keperawatan dengan teori dan hasil jurnal terkait.

Hasil penelitian menunjukkan pasien mengeluh perdarahan pervaginam dengan frekuensi 1 sampai 2 kali dalam sehari ± setengah gelas, perut membesar dan kembung, nyeri pada bagian perutnya yang membesar, terasa hilang timbul dan bertambah apabila pasien bergerak dan duduk, nyeri dengan skala 5-6 dan menjalar ke punggung. Pasien mengatakan badannya terasa lemah dan sulit untuk beraktifitas. Didapatkan tiga diagnosis keperawatan yaitu risiko syok, nyeri akut berhubungan dengan agen pencedera fisik, intoleransi aktifitas berhubungan dengan kelemahan. Rencana keperawatan yaitu pencegahan syok, manajemen nyeri dan terapi aktifitas. Tindakan keperawatan diutamakan pada perdarahan, nyeri dan kelemahan yang dirasakan. Semua rencana tindakan keperawatan dapat dilaksanakan pada implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan agar diagnosa keperawatan dapat teratasi.

Penelitian ini merekomendasikan perlunya pemantauan dan keterlibatan keluaga dalam pencegahan syok, mengatasi nyeri dan kelemahan.

Kata Kunci (Key Word) : Mioma Uteri, Asuhan Keperawatan


Ketersediaan

KTIKP.2044044 Ega AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
044 Ega A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 115 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this